Cara Ampuh Mengatasi Kaki Kering & Pecah-Pecah Secara Alami

Mengatasi kaki pecah-pecah dengan cara alami

Kaki kering dan pecah-pecah

Tumit yang mengalami pecah-pecah biasanya muncul akibat dari kurangnya kelembapan. Dan seiring berjalannya waktu, kulit yang kering dan pecah-pecah tidak cuma menyebabkan rasa sakit, namun bakteri berbahaya juga akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Ternyata, cara mengatasi kaki pecah-pecah tidak harus pergi ke dokter, melainkan kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan tentang cara yang ampuh untuk mengatasi kaki kering dan pecah-pecah secara alami.

Minyak sayur


Tidak peduli jenis minyak sayur apa yang kamu miliki di rumah, apakah itu wijen, kelapa, zaitun, ataupun yang lainnya (yang telah mengalami proses hidrogenasi), itu semua dapat kamu gunakan untuk merawat dan juga mengatasi kaki pecah-pecah.

Cara penggunaanya mudah, kamu rendam kaki ke dalam air sabun, kemudian gosok tumitnya dengan mengunakan batu apung. Setelah itu cuci kaki dan keringkan. Lalu oleskan minyak sayur ke bagian tumit dan juga telapak kaki. Terakhir, kenakan sepasang kaos kaki yang bersih, dan kamu diamkan semalaman.

Tepung beras


Tepung beras memiliki tekstur yang kasar dan kamu bisa memanfaatkannya untuk mengelupas sel kulit mati pada kaki kamu dan juga mencegahnya menjadi kering sekaligus pecah-pecah.

Kamu siapkan satu genggam tepung beras, cuka apel, dan juga madu secukupnya. Kemudian campur bahan tersebut, aduk sampai menjadi pasta yang pekat.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu rendam kakimu ke dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit, kemudian gosokkan pasta tadi ke kakimu, terutama pada bagian yang bermasalah.

Lemon


Lemon memiliki kandungan asam yang sangat efektif untuk melembutkan kulit kasar, termasuk kaki yang pecah-pecah.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu rendam kakimu ke dalam air hangat yang sudah dicapur dengan air perasan lemon selama kurang lebih 10 - 15 menit. Kemudian gosok bagian kaki yang pecah-pecah dengan menggunakan batu apung.

Air mawar dan gliserin


Kombinasi dari gliserin dengan air mawar adalah kombinasi yang sangat ampuh digunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Gliserin akan melembutkan kaki, lalu air mawar akan berperan sebagai antiseptik, antiradang, dan juga antioksidan.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu campurkan minyak mawar dan gliserin dengan perbandingan yang sama banyak, kemudian gosokkan campuran tersebut ke telapak kaki setiap hari sebelum kamu tidur.

Garam Inggris


Apabila kakimu mengalami pecah-pecah, maka kamu bisa menggunakan garam Inggris untuk mengatasinya.

Kamu campurkan 1 1/2 cangkir garam Inggris ke dalam baskom yang telah berisi air hangat. Kemudian rendam kaki kamu ke dalam baskom tersebut selama 10 menit. Gosok kakimu dengan menggunakan batu apung, setelah itu rendam lagi selama sekitar 10 menit. Jika sudah dirasa cukup, keringkan kaki dan oleskan krim kaki atau
petroleum jelly untuk mengunci kelembabannya.

Pisang


Buah pisang ternyata juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi kaki pecah -pecah. Kamu lumat buah pisang ang sudah matang sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada kaki yang mengalami pecah-pecah. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya nutrisinya terserap dengan sempurna.

Lalu cuci kaki kamu dengan menggunakan air hangat dan rendam kembali ke dalam air dingin selama kurang lebih 10 menit.

Madu


Madu memiliki kandungan pelembab dan juga agen antibakteri yang mampu membantu kamu merawat kulit kering dan pecah - pecah. Kamu cukup mencampurkan 1 cangkir madu ke dalam baskom yang berisi air hangat. Rendam kaki kamu ke dalam baskop tersebut selama kurang lebih 15 menit, kemudian gosok secara perlahan.