Cara Mudah & Cepat Memindahkan File Dari PC/Laptop ke HP

Cara memindahkan file dari komputer ke hp

Terkadang kita tentu ingin memindahkan file dari perangkat satu ke perangkat lainnya, misalnya foto dari laptop ke ponsel.

Di era yang semakin canggih saat ini, terdapat banyak cara untuk memindahkan file dari komputer ke smartphone yang dapat kita lakukan. Tutorialsaya.com akan menjelaskan beberapa di antaranya sebagai berikut ini.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Dengan Kabel Data

Cara yang paling sederhana untuk memindahkan file dari komputer ke smartphone yaitu dengan menggunakan kabel data. Kamu hanya perlu menghubungkan smartphone ke komputer dengan menggunakan kabel data yang sesuai dengan perangkat (Micro-USB atau Type-C), lalu apabila muncul pilihan opsi penggunaan di smartphone, kamu langsung saja pilih Transfer files. Dan bila opsi penggunaan tidak muncul, kamu harus membukanya dari “Charging via USB” pada bagian notifikasi.

Jika selesai mengatur mode ini, kamu tinggal memindahkan file yang ingin kamu pindahkan melalui File Explorer seperti biasanya dengan cara meng-copy file yang dimaksud, lalu paste di partisi dari memori smartphone.

Namun, pada beberapa jenis perangkat kamu memerlukan aplikasi tambahan. Misalnya jika kamu ingin memindahkan file dari komputer ke iPhone, kamu memerlukan aplikasi terbaru iTunes.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Dengan Bluetooth

Untuk melakukan cara ini, kamu wajib melakukan pairing pada kedua perangkat yang akan digunakan. Setelah pairing, selanjutnya pengguna dapat mengirimkan file dari komputer ke smartphone ataupun sebaliknya dengan lebih mudah.

Misalnya pada komputer dengan Windows 10, kamu perlu masuk ke menu Settings, kemudian masuk ke Devices, setelah itu pilih tombol Add Bluetooth or other device untuk melakukan pairing.

Kemudian untuk mengirimkan file ke perangkat smartphone, kamu dapat memilih tombol Show hidden icons atau ikon anak panah ke atas pada taskbar, setelah itu pilih ikon Bluetooth, lalu pilih opsi Send To.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Dengan Aplikasi

Ketika ingin memindahkan file dari laptop ke smartphone, namun kamu kamu yang lupa membawa kabel data atau tidak mempunyai dukungan koneksi Bluetooth, menggunakan aplikasi pihak ketiga juga dapat menjadi solusi buat kamu. Dalam hal ini kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Gmail, ShareIt, WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Dengan Layanan Cloud

Saat ini terdapat banyak layanan cloud yang dapat kamu gunakan untuk berbagai file dari satu perangkat ke perangkat yang lain, misalnya seperti Google Drive, Dropbox, Microsoft OneDrive, dan masih banyak lagi.

Dan menariknya, jika kamu menggunakan salah satu layanan cloud tersebut, kamu dapat mengakses file dimana pun, kapan pun, dan dengan menggunakan perangkat apa pun (yang mendukung tentunya).

Kamu dapat meng-upload file yang akan kamu pindahkan ke layanan cloud melalui komputer atau laptop. Kemudian, file tersebut dapat kamu download melalui smartphone.