Cara Mengatasi & Mencegah Sembelit Secara Alami

Cara Mengatasi dan Mencegah Sembelit

Cara mengatasi sembelit

Sembelit dapat menyebabkan menyempitnya ikat pinggangmu, tidurmu menjadi tidak nyenyak, dan bahkan juga dapat memunculkan jerawat. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena semua ada solusinya. Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberi kamu bantuan untuk mengatasi dan juga mencegah terjadinya sembelit.

1. Jangan melewatkan makan


Makan akan merangsang refleks yang dapat membuat isi di dalam perut bergerak menuju ke usus besar. Pada saat tidak ada pergerakan, kamu tentu tidak akan buang air besar. Sebaiknya beri sistem tubuh semacam "tendangan” yang dibutuhkan di awal dengan sarapan.

2. Tambah asupan serat secara perlahan


Dengan terlalu banyak mengkonsumsi serat secara sekaligus, hal itu dapat menggerakkan semuanya, namun masalah akan muncul seperti kembung, gas, & mungkin diare. Apabila sebelumnya perut kamu tidak terlalu akrab dengan serat, cobalah untuk mengkonsumsi suplemen serat.

3. Konsumsi gandum


Serat memiliki sifat yang lembut dan dapat membantu menggerakkan feses. Tapi kamu tidak harus mencekoki tubuhmu dengan 1 kotak gandum setiap hari.

3 porsi sayuran, 2 porsi buah-buahan, serta beberapa roti gandum sudah cukup untuk menggerakkan isi perut secara bersamaan. Oh ya, kacang-kacangan ternyata juga bisa membantu mengatasi sembelit.

4. Cobalah pencahar alami


Apabila kamu merasa tidak nyaman karena sembelit, dan saat itu kamu sedang dalam perjalanan serta tidak bisa makan buah-buahan dan sayuran, cobalah untuk mengonsumsi pencahar alami, seperti susu. Secangkir kaldu hangat ternyata juga bisa membantu pencernaan kamu bergerak lebih cepat.

5. Keluarkan dengan banyak minum air


Minum 6 hingga 8 gelas (8 ons) air setiap hari dapat melunakkan feses. Kamu siapkan botol yang berisi air sebanyak yang kamu perlukan, dan habiskan air tersebut dalam sehari.

6. Jadwalkan waktu ke toiletmu


Ada baiknya kamu menjadwalkan waktu di pagi hari untuk Buang air besar. Umumnya, usus besar siap untuk melepaskan isinya sekitar 30 menit setelah makan pertama.

7. Duduk, jangan tegang


Memaksanya keluar tidak akan mengatasi masalah sembelit kamu, dan justru hal itu dapat membuatnya semakin buruk. Kamu justru membuat kamu berisiko terkena wasir. Apabila kamu tetap tidak bisa mengeluarkannya setelah kurang lebih 15 menit, sebaiknya jangan dipaksakan. Berhentilah dan keluar toilet.

8. Jongkok


Apabila kamu sembelit, berjongkok akan meluruskan sudut usus kamu dan hal itu dapat mengeluarkan feses dengan lebih cepat.

9. Cobalah untuk berolahraga


Latihan fisik dapat merangsang fungsi usus. Berjalan, berlari, berenang, atau melakukan latihan aerobik lain dalam waktu 30 menit selama 3 kali seminggu cukup ampuh untuk mengatasi masalah sembelit kamu.