4 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Secara Alami

Cara mengatasi gigi berlubang dengan pengobatan alami

Cara mengatasi gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan kondisi di mana gigi kita mengalami kerusakan yang mengikis email (bagian luar) sampai bagian dentin (bagian dalam), hingga membentuk lubang. Gigi berlubang dapat disebabkan oleh penumpukan bakteri yang terdapat di mulut, sering mengkonsumsi makanan yang manis-main, dan juga mulut yang tidak terjaga kebersihannya. Apabila gigi berlubang tidak segera diatasi, lubang akan menjadi besar, dan berisiko munculnya infeksi serta gigi tanggal.

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan rumahan sebagai pengobatan rasa sakit yang diakibatkan oleh gigi berlubang.

1. Garam

Kamu bisa menggunakan garam untuk mengobati gigi berlubang. Garam memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri. Kamu bisa menggunakan air garam untuk obat kumur. Air garam bisa mengatasi infeksi, mengurangi peradangan serta nyeri, dan juga mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut.

Larutkan 1 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian berkumurlah menggunakan larutan tersebut, pastikam kamu menyapu semua bagian mulut selama kurang lebih satu menit. Sebaiknya kamu fokus untuk berkumur pada area yang terdapat gigi berlubang. Kamu dapat melakukan cara ini 3 kali sehari sampai masalah dapat teratasi.

2. Bawang putih

Bawang putih bisa berfungsi sebagai antibakteri dan kami sangat merekomendasikan bawan putih untuk mengatasi gigi berlubang. Tak hanya itu, bawang putih juga bisa menyembuhkan rasa nyeri yang muncul karena gigi berlubang dan juga membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat lagi.

Siapkan 3 - 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan dan ¼ sendok makan garam. Campurkan bahan-bahan tersebut dan oleskan pada gigi yang berlubang, diamkan selama 10 menit. Kemudian berkumur menggunakan obat kumur. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari dalam beberapa minggu hingga masalah dapat teratasi. Cara ini juga bisa mengurangi penyebaran gigi berlubang.

3. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan vitamin C yang bersifat antiperadangan dan antibakteri. Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah kesehatan gusi dan juga bisa mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Kamu hanya perlu menghaluskan kunyit, atau kamu juga bisa mencari bubuk kunyit di toko. Oleskan kunyit tersebut pada gigi berlubang dan diamkan selama beberapa menit, kemudian berkumur dengan menggunakan air hangat.

4. Cengkeh

Cengkeh bersifat antibakteri, analgesik, dan antiperadangan yang membuat cengkeh menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi masalah gigi. Selain itu, cengkeh juga dapat mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran gigi berlubang.

Larutkan 2 - 3 tetes minyak cengkeh dengan ¼ sendok makan minyak biji wijen. Celupkan kapas pada larutan tersebut dan oleskan pada gigi yang berlubang. Kamu sebaiknya melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

Kamu juga bisa mengunyah seluruh cengkeh sampai terekstraksi menjadi minyak. Biarkan cengkeh tersebut di bawah lidah kamu selama beberapa menit.