Cara Mencegah Datangnya Masuk Angin Secara Alami

Cara Mencegah Masuk Angin


Masuk angin

Pepatah yang sangat sering kita dengar adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Dan apabila kamu sering terserang masuk angin, berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan bagaimana cara mencegahasuk angin secara alami.

1. Gunakan pakaian hangat


Cara yang pertama yaitu memakai pakaian yang hangat pada suhu sedang dingin atau ketika sedang musim hujan. Jangan sampai jaket, selimut, atau pun sweater tertinggal ketika kamu beraktivitas di luar ruangan.

2. Gunakan sarung tangan & kaus kaki


Menggunakan kaus kaki dan sarung tangan dapat membantu menjaga kehangatan tubuh kita pada saat suhu sedang dingin. Apalagi di musim hujan.

3. Gunakan penutup kepala


Memakai penutup kepala bertujuan supaya kamu terlindung dari udara dingin, air hujan, dan angin yang berhembus cukup kencang. Gunakan penutup kepala yang umumnya orang gunakan seperti kupluk, topi, atau kerudung bagi perempuan.

4. Konsumsi makanan berkalori tinggi


Makan makanan yang memiliki kalori tinggi, hal ini dapat menjaga panas tubuh kita. Makanan berkalori tinggi yang dapat kamu konsumsi seperti cokelat, roti, biskuit, dan masih banyak lagi.

5. Hindari berkeringat banyak


Menjaga agar tubuh kamu tidak berkeringat terlalu banyak adalah salah satu cara mencegah masuk angin, karena keringat dapat membuat panas tubuh kita hilang lebih cepat, akibatnya kamu akan merasa kedinginan.

6. Hindari alkohol


Mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kemampuan badan kamu untuk mengatur suhu tubuh, selain itu alkohol juga dapat membuat hilangnya panas tubuh.

7. Hindari kafein & rokok


Rokok dan kafein bisa menyebabkan pembuluh darah yang ada di tangan dan kaki jadi menyempit. Aliran darah pun otomatis juga menjadi kurang lancar sehingga menyebabkan kaki dan tangan menjadi kedinginan dan pada akhirnya datanglah masuk angin.

8. Perbanyak minum air putih


Perbanyaklah mengonsumsi banyak air hingga urine kamu berwarna bening. Tanda jika tubuh kamu tidak cukup memperoleh asupan cairan akan terlihat pada saat kamu tidak buang air kecil setiap 2 - 3 jam sekali.

9. Makan teratur


Cara mencegah munculnya masuk angin yang paling mudah adalah dengan menjaga pola makan secara teratur. Selain itu kamu juga dapat mengkonsumsi vitamin, baik itu vitamin alami ataupun vitamin suplemen makanan. Asupan vitamin tambahan ini berguna agar daya tahan tubuh kamu menjadi lebih baik lagi.

10. Hindari minuman dingin


Cara mencegah masuk angin yang selanjutnya dan juga termasuk paling gampang untuk dilakukan adalah menghindari minuman dingin. Sebaiknya pada saat cuaca sedang dingin dan angin berhembus cukup kencang, minumlah minuman yang dapa menghangatkan tubuh kamu, misalnya wedang jahe.