Cara Yang Baik & Benar Melakukan Lompat Jauh

Cara melakukan lompat jauh

Teknik Yang Tepat Melakukan Lompat Jauh

Agar dapat memperoleh suatu hasil yang optimal dalam lompat jauh, selain melompat harus mempunyai kekuatan, kecepatan, kelentukan, ketepatan, koordinasi gerakan, dan daya ledak, namun juga harus memahami dan juga menguasai teknik gerakan lompat jauh. Dan berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan beberapa cara atau teknik lompat jauh yang harus dikuasai.

a. Tahapan Awalan

Ancang-ancang atau awalan merupakan gerakan permulaan dalam bentuk lari agar memperoleh kecepatan ketika akan melakukan tolakan atau lompatan. Ancang-ancang untuk memperoleh kecepatan yang secepat-cepatnya sebelum mencapai balok tolakan. Untuk lanjang lintasan awalan tidak kurang dari 45 meter. Agar mendapatkan hasil lompatan yang bagus, setiap melakukan lompatan kamu harus selalu bertumpu pada balok tolakan dan juga harus menggunakan kaki yang terkuat. Cara yang tepat melakukan awalan atau ancang-ancang adalah sebagai berikut.

  • Lari awalan tergantung dari masing-masing kemampuan yang dimiliki oleh pelaru.
  • Kecepatan lari ditambah sedikit demi sedikit dan usahakan dipertahankan tetap maksimal hingga sampai pada balok tolakan.
  • Pinggang diturunkan sedikit pada satu langkah terakhir lari.


b. Tahap Tolakan atau Tumpuan

Tolakan merupakan perubahan gerakan dari gerakan horizontal ke vertikal yang dilakukan dengan cepat. Sebelumnya, pelompat harus mempersiapkan diri untuk melakukan gerakan yang sekuat-kuatnya pada langkah terakhir sampai seluruh tubuh terangkat ke atas atau melayang. Cara melakukan tolakan atau tumpuan yang tepat adalah sebagai berikut.

  • Ayunkan paha kaki dengan cepat ke posisi horizontal & dipertahankan.
  • Kemudian luruskan sedikit mata kaki, lutut, & pinggang ketika melakukan tolakan.
  • Tolakan atau tumpuan ini dilakukan dengan arah ke depan atas (sudut tolakan yaitu 45°).


c. Tahap Melayang di Udara

Sikap badan melayang di udara merupakan sikap setelah melakukan tolakan kaki pada balok tumpuan, yaitu kaetika badan melayang di udara yang dilakukan bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan jauhnya hasil lompatan tergantung dari besarnya kekuatan kaki ketika melakukan tolakan, dan juga tergantung dari pelompat dalam meluruskan kaki tumpu secepat-cepatnya & selurus-lurusnya. Terdapat 3 teknik yang digunakan pada tahal melayang ini, yaitu mengantung, jongkok, dan berjalan di udara.

d. Tahap Mendarat

Ketika akan mendarat, kedua kaki harus lurus ke depan sambil mengangkat paha ke atas, lalu badan dibungkukkkan ke depan, & kedua tangan dijulurkan ke depan. Untuk mendarat dilakukan dengan tumit terlebih dahulu dan mengeper, kedua lutut harus dibengkokkan atau ditekuk, badan diberatkan ke depan agar tidak jauh ke belakang sambil kepala ditundukkan, dan juga kedua tangan menjulur ke depan. tanah. Luruskan kaki kemudian tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah. Ketika kedua kaki sudah mendarat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki.


Itulah penejelasan mengenai cara melakukan lompat jauh dengan benar. Semoga bermanfaat.