Cara Yang Ampuh Membersihkan Karang Gigi Sendiri Di Rumah

Cara membersihkan karang gigi


Karang gigi

Karang gigi merupakan plak yang sudah mengeras pada gigi. Karang gigi biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang menumpuk yang tertinggal di dalam gigi. Apabila tidak segera dibersihkan, karang gigi akan menyebabkan berbagai macam penyakit pada gigi, seperti radang gusi.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara membersihkan larang gigi tanpa perlu pergi ke dokter gigi.

1. Rajin menggosok gigi


Kamu tentu sudah tahu jika kita dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Tetapu tak hanya dua kali sehari saja, kamu juga dianjurkan untuk menyikat gigi selama dua menit. Hal ini bertujuan agar memastikan jika semua gigi kamu telah tersikat dengan rata.

2. Menggunakan pasta gigi dengan fluoride


Supaya gigi kamu bersih dari sisa-sisa makanan secara sempurna, sebaiknya kamu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride dapat mencegah plak berkembang. Bukan hanya fluoride, kamu juga dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung zinc citrate, pyrophosphates, triclosan yang akan membantu menghilangkan noda kekuningan dan juga plak secara efektif.

3. Flossing


Flossing merupakan cara membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Namun bukan sembarang benang yang digunakan, melainkan benang khusus gigi. Dengan cara ini, plak yang terdapat pada sela-sela gigi kamu akan terjangkau dengan lebih mudah.

4. Menggunakan mouthwash


Cara yang efektif untuk membersihkan gigi berikutnya yaitu dengan menggunakan mouthwash. Cara ini bertujuan sebagai proteksi tambahan dan juga untuk menghilangkan ekstra setelah kamu menyikat gigi dan flossing.

5. Menggunakan Baking Soda


Cara menghilangkan karang gigi yang satu memang tergolong cukup mudah dan bisa kami lakukan sendiri di rumah tanpa memerlukan bantuan dokter gigi. Tak hanya ampuh untuk membersihkan karang gigi, baking soda juga mempunyai zat antibakteri yang dapat memutihkan gigi.

Campurkan 1 sendok makan baking soda dan sejumput garam ke pasta gigi yang akan kamu gunakan untuk menggosok gigi. Kemudian sikat gigi kamu menggunakan campuran ini cukup seminggu sekali. Jangan terlalu sering melakukan cara ini karena dapat berpotensi merusak email gigi.

6. Stroberi


Buah stroberi kaya akan kandungan vitamin C, yang mana vitamin C sudah terbukti efektif untuk menghilangkan karang gigi. Sebaiknya kamu lebih rajin lagi untuk mengonsumsi buah ini agar proses pembersihan karang gigi berjalan dengan cepat dan efektif.

7. Cengkeh


Cengkeh memang terkenal sebagai obat penyembuh sakit gigi. Dan ternyata, manfaat cengkeh bagi kesehatan gigi tak hanya sebatas itu saja. Cengkeh juga sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan karang gigi.

Caranya, tumbuk cengkeh hingga menjadi serbuk, lalu oleskan pada gigi yang bermasalah. Atau kamu juga bisa mengunyah cengkeh ini secara teratur, karena tidak hanya dapat membersihkan karang gigi, namun cara ini juga sangat efektif menghilangkan bau mulut.

8. Biji Wijen


Selain berguna sebagai tambahan pada makanan, ternyata biji wijen juga dapat berguna untuk membersihkan karang gigi.

Cara sangat mudah, kamu ambil 1 sendok makan biji wijen lalu kunyah hingga lembut. Kemudian gosok gigi kamu menggunakan wijen tersebut hingga bersih dan merata.

9. Kulit Jeruk


Setelah makan jeruk, kulitnya jangan langsung dibuang. Ternyata kulit jeruk ampuh digunakan untuk menghilangkan karang pada gigi. Hal ini disebabkan karena jeruk dan kulitnya memiliki kandungan asam.

Caranya, gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi yang terdapat karang. Gosok selama 2 sampai 3 menit, lalu bersihkan.

10. Lidah Buaya


Banyak sekali manfaat yang dimiliki ldah buaya, termasuk untuk membersihkan karang gigi. Kamu bisa menggosokkan potongan lidah buaya ke gigi yang terdapar karang. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

11. Mengunyah Daun Sirih


Daun sirih ternyata cukup ampuh digunakan untuk membersihkan karang gigi. Tidak hanya itu, daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Caranya mudah, tumbuk selembar daun sirih, jangan sampai sampai halus. Kamu juga bisa menambahkan satu batang cengkeh. Kemudian kunyah campuran bahan tersebut.