Tata Cara Berwudhu Yang Baik & Benar, Lengkap Dengan Doanya

Tata Cara Wudhu

Seperti yang telah kita ketahui, wudhu adalah salah satu syarat sahnya sholat dan diterima Allah SWT. Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim pastinya kita dituntut harus mengetahui bagaimana tata cara wudhu yang baik dan benar.

Berikut ini, Tutorialsaya.com akan menjelaskan bagaimana tata cara wudhu yang baik dan benar.

1. Niat Wudhu

Sebelum berwudhu, tentu kamu diwajibkan untuk berniat terlebih dahulu. Niat dalam berwudhu ini memiliki arti kesungguhan hati untuk berwudhu karena melakukan perintah Allah SWT dan juga mengikuti ajaran dari Rasulullah SAW.

Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa

Artinya :

"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

2. Membaca Basmallah

Sesudah melakukan niat dengan kesungguhan hati, lalu selanjutnya adalah membaca basmallah. Membaca basmallah ini dilakukan bersamaan dengan mencuci kedua telapak tangan sebanyak 3 kali sampai ke sela-sela jari. Akan tetapi jika kamu lupa untuk membaca basmallah, wudhu yang telah kamu lakukan tetaplah sah.

3. Berkumur-kumur

Selanjutnya adalah berkumur-kumur sebanyak 3 kali. Hal ini juga bertujuan untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang terdapat pada gigi.

4. Mencuci lubang hidung

Berikutnya adalah mencuci lubang hidung sebanyak 3 kali. Hal ini bertujuan unyuk mengeluarkan kotoran yang terdapat di dalamnya.

5. Mencuci muka 3 kali

Mencuci muka 3 kali ketika berwudhu sebaiknya kamu lakukan dimulai dari ujung kepala tumbuhnya rambut sampai bawah dagu. Dan juga membersihkan dari telinga kanan ke telinga kiri.

6. Mencuci kedua belah tangan hingga siku

Sesudah mencuci muka, selanjutnya adalah mencuci kedua belah tangan sampai siku sebanyak 3 kali. Sebaiknya melakukannya dengan mencuci anggota tubuh bagian kanan terlebih dahulu.

7. Mengusap kepala

Tata cara wudhu berikutnya adalah mengusap kepala dari depan sampai ke bagian belakang (ubun-ubun) kepala sebanyak 3 kali.

8. Membersihkan kedua telinga

Setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan kedua telinga dengan cara  memasukan jari telunjuk ke dalam telinga, lalu ibu jari mengusapkan kedua daun telinga. Cara ini dilakukan secara bersamaan antar telinga kiri dan telinga kanan sebanyak 3 kali.

9. Mencuci kedua kaki hingga di atas mata kaki

Dan tata cara wudhu yang benar berikutnya adalah membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Cara ini dilakukan dengan mendahulukan kaki bagian kanan dan  dilakukan sebanyak 3 kali

10. Membaca doa wudhu

Setelah selesai, kemudian disunnahkan untuk membaca doa setelah wudhu. Dan ketika membacakan doa setelah wudhu, ada baiknya untuk berdoa dengan menghadap ke arah kiblat dan mengangkat dua tangan.

Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j'alnii minat tawwabiina, waj'alnii minal mutathahiriina waj'alnii min 'ibaadikash shalihiina.

Artinya :

"Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh."