Cara Mengatasi WC Mampet Secara Mudah & Sangat Ampuh

Cara mengatasi WC mampet

Apa yang kamu rasakan apabila melihat toilet dengan WC yang mampat? Pastinya sangat kesal bukan melihat keadaan WC kamu?

Dan kebiasaan orang untuk mengatasi WC mampat adalah dengan menyiramkan menggunakan air sebanyak mungkin. Hal itu ternyata malah dapat membuat air WC meluap dan bahkan dapat membuat airnya menggenangi lantai kamar mandi kamu.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara yang mudah dan ampuh untuk mengatasi WC mampet.

Cara mengatasi WC mampet


Mengatasi WC mampet dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas

Cara mengatasi WC mampet tanpa mengunakan sedotan WC sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Kamu cuma perlu menyiapkan 1 cangkir sabun cuci piring cair dan air panas dalam jumlah yang cukup banyak. Oh jangan lupa siapkan juga handuk. Kamu letakkan handuk pada lantai sekitar WC yang berguna untuk melindunginya dari tumpahan air WC. Kemudian masukkan sabun cuci piring ke dalam WC, lalu diamkan sampai sabun mengendap. Sabun cuci piring berfungsi untuk melicinkan pipa saluran WC agar benda yang menyumbat dapat mengalir dengan mudah ke dalam septic tank.

Setelah itu, kamu tuangkan air panas sebanyak mungkin. Tetapi ingat, jangan sampai air keluar dari WC. Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, flush WC untuk mengecek apakah WC sudah tidak tersumbat lagi. Apabila masih tersumbat, ulangi cara mengatasi WC mampet ini lagi sampai WC kembali beroperasi normal.

Mengatasi WC mampet dengan menggunakan kombinasi baking soda dan cuka

Baking soda dan cuka ternyata dapat dijadikan solusi untuk mengatasi WC mampet, lho. Kamu hanya perlu menebarkan secangkir baking soda ke permukaan air WC dan tunggu sampai mengendap. Setelah itu, tuangkan 2 cangkir cuka dengan gerakan memutar agar cuka tersebar secara merata.

Ketika melakukan cara ini, kamu akan melihat reaksi dari campuran kedua bahan ini nerula gelembung-gelembung dan pastikan agar tidak sampai gelembung tersebut keluar dari WC. Diamkan selama kurang lebih 1 jam. Lalu, flush WC untuk memastikan alakah masalah sudah teratasi. Jika masih tersumbat, ulangi cara tersebut namun kali ini perlu didiamkan semalaman. Keesokan harinya jangan kaget jika WC-mu sudah kembali lancar!

Mengatasi WC mampet dengan menggunakam gantungan baju kawat

Cara mengatasi WC mampet tidak hanya dengan menggunakan bahan-bahan cair saja, namun bahan padat juga dapat menjadi pilihan untuk cara mengatasi WC mampet. Cara ini dapat dilakukan jika benda yang membuat mampet berada tidak terlalu jauh dari corong WC. Siapkan gantungan baju (hanger) kawat. Kemudian potong kawatnya dan luruskan. Bagian ujung kawat yang tajam sebaiknya kamu bungkus menggunakan kain seperti kain dan selotip agar tidak membuat WC rusak.

Setelah itu memasukkan ujung yang lancip tersebut ke dalam pipa WC. Teknik ini dilakukan dengan cara mendorong benda yang menghalangi aliran air masuk ke dalam septic tank. Apabila cara ini berhasil, itu ditandai dengan menyusutnya air WC.

Sebaiknya jangan pernah memasukkan benda padat apapun ke dalam WC agar kamu tidak sampai terkena masalah WC mampet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!