5 Cara Mudah Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

Cara Menguji Madu Asli atau Palsu

Madu murni

Sudah sejak lama kebutuhan masyarakat akan madu sangatlah besar. Dan hal itulah yang membuat munculnya oknum nakal yang memanfaatkan peluang ini. Sehingga banyak ditemukan madu palsu yang dijual secara bebas di pasaran. Oleh sebab itu, kamu harus paham dalam membedakan mana madu asli dan madu palsu.

Memang saat ini cukup sulit untuk mendapatkan madu murni. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkannya. Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui madu asli dan madu palsu.

1. Meneteskan madu ke dalam air


Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukkan satu tetes madu ke dalam air. Apabila tetesan madu tersebut terjatuh ke dasar air dan tidak tercampur dengan air, maka dapat disimpulkan bahwa madu tersebut adalah asli atau murni. Dan begitupun sebaliknya, jika tetesan madu tersebut dapat tercampur dengan air atau terapung di dalam air, maka dapat disimpulkan bahwa madu tersebut adalah palsu/campuran.

2. Percobaan korek api


Korek api ternyata dapat dijadikan untuk mengukur keaslian atau kemurnian madu lho. Caranya yaitu dengan melumuri ujung dari korek api kayu dengan madu. Ingat, yanh digunakan harus korek api pentol atau korek api yang terbuat dari kayu. Lalu nyalakan korek api tersebut. Jika korek api tersebut dapat menyala setelah dilumuri madu, maka dapat disimpulkan bahwa madu yang digunakan adalah madu murni atau madu asli.

3. Membekukan madu


Ini merupakan cara yang paling mudah untuk membedakan madu asli dengan madu palsu. Caranya adakah masukkan madu yang kamu miliki ke dalam freezer atau lemari pembeku. Apabila setelah beberapa lama madu tersebut tidak membeku, maka dapat dikatakan madu tersebut adalah madu asli atau madu murni. Begitupun sebaliknya, jika madu tersebut membeku, maka dapat disimpulkan jika madu tersebut adalah madu palsu atau sudah ada campurannya.

4. Menguji madu dengan kertas


Terdapat lagi cara yang sederhana untuk membedakan madu asli atau madu palsu/campuran. Caranya adalah teteskan atau tuangkan madu pada kertas kosong. Lalu cobalah untuk merobek kertas tersebut. Apabila kertas tersebut tidak mudah robek, maka madu dapat disimpulkan jika madu tersebut benar-benar asli atau murni. Dan begitupun sebaliknya, jika kertas tersebut mudah dirobek, maka dapat disimpulkan jika madu tersebut adalah madu palsu atau tidak murni.

5. Dengan cara merebus madu menggunakan sendok


Ini merupakan tips membedakan madu asli dengan madu palsu yang paling unik, yaitu dengan cara merebus madu di atas sendok. Siapkan 1 sendok makan, kamudian tuangkan madu ke dalamnya. Lalu panaskan sendok yang telah terisi madu tersebut menggunakan lilin. Apabila madu tersebut dapat mengeluarkan busa yang sangat banyak, bahkan hampir tumpah dari sendok, maka dapat dikatakan jika madu tersebut adalah asli atau murni. Tetapi apabila madu tersebut hanya dapat mengeluarkan sedikit busa, maka dapat disimpulkan jika madu tersebut adalah madu palsu atau madu yang telah dicampur dengan bahan lain di dalamnya.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan madu asli dengan madu palsu. Terdapat banyak ciri-ciri madu murni yang bisa kamu jadikan sebagai patokan. Semoga bermanfaat.