11 Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan

Cara Mengatasi Cegukan


Cara mengatasi cegukan

Tentu kamu pernah mengalami yang namanya cegukan. Entah ketika sedang makan, setelah makan, atau tiba-tiba saja tanpa penyebab yang jelas. Cegukan terjadi pada saat terdapat kejang pada diafragma atau otot yang memisahkan antara rongga dada dari rongga perut. Kejang tersebut menyebabkan asupan napas berhenti secara tiba-tiba di penutupan pita suara, dan menimbulkan suara seperti “hik!” ketika cegukan.

Dan berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan bagaimana cara menghilangkan cegukan yang paling ampuh.

1. Menahan napas


Cara paling umum untuk mengatasi cegukan yaitu dengan menahan napas. Menahan napas diyakini cukup ampuh untuk menghilangkan cegukan karena kadar karbondioksida dalam tubuh kita akan bertambah. Caranya adalah dengan kamu menahan napas selama yang kamu bisa.

2. Bernapas dengan kantong plastik atau kertas


Bernapas dengan menggunakan kantong plastik ini sebenarnya tujuannya sama dengan menahan napas. Yaitu supaya kadar karbondioksida dalam tubuh meningkat. Karena bernapas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas, hal itu sama saja kamu sedang menghirup lagi karbondioksida yang telah kamu keluarkan.

3. Minum air hangat


Air hangat mampu memperlancar peredaran darah dan juga oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh kita menjadi terpenuhi. Caranya yaitu dengan meminum segelas air hangat tapi jangan langsung ditelan, kemudian menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang kamu mampu. Lalu kembalikan posisi tubuh kamu dalam keadaan tegap, namun masih dengan menahan napas. Baru setelah itu air hangat ditelan dan bernapas seperti biasa.

4. Mengatur pernapasan


Bernapaslah secara benar dan teratur. Hal ini bertujuan supaya oksigen dan karbondioksida bisa bergantian masuk dalam tubuh dengan jumlah yang tepat. Caranya yaitu dengan menarik napas yang dalam, kemduian tahan sekuat yang kamu bisa lalu hembuskan.

5. Menahan napas dengan melipat kedua lutut


Menahan napas sambil melipat kedua lutut juga dapat kamu lakukan sebagai cara menghilangkan cegukan.

6. Headstand


Melakukan headstand memang cukup susah untuk sebagian orang. Tetapi dengan kamu membalikkan tubuh, maka peredaran darah dan oksigen pun akan terbalik.

7. Menjulurkan lidah


Menjulurkan lidah dilakukan agar dapat merangsang nasofaring & saraf vagus. Saraf ini dapat mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan juga dapat mengatur kontraksi yang terjadi di diafragma

8. Gula


Mengemut gula pasir atau gula batu dapat dipercaya  sebagai cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh karena gula mpu merangsang otot diafragma. Emut atau kulum gula selama kurang lebih 5 menit, kemudian kamu bisa menelannya.

9. Es batu


Oleskan atau tempelkan es batu pada tenggorokanmu perlahan-lahan. Hal ini dapat membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan teratasi.

10. Minyak kayu putih


Mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan juga pada bagian perut bisa menjadi alternatif cara menghilangkan cegukan. Minyak kayu lutih memiliki sensasi panas yang mampu menghilangkan cegukan.

11. Jeruk nipis


Jeruk nipis ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan cegukan. Caranya yaitu dengan meminum secara  langsung air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menghentikan cegukan. Semoga bermanfaat.