10 Cara Ampuh Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami

Cara mengatasi telat haid/datang bulan


Datang bulan

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab telat datang bulan, misalnya stres, kehamilan atau menyusui, penurunan atau kenaikan berat badan secara signifikan, persalinan atau keguguran, mengkonsumsi alkohol, dan masih banyak lagi.

Apabila kamu sering mengalami telat datang bulan, sebaiknya kamu tidak perlu minum obat-obatan yang berbahan kimia untuk mengatasi telat datang bulan. Karena berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan beberapa cara mengatasi telat haid secara alami.

1. Jahe


Cara mengatasi telat datang bulan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi jahe. Karena jahe dapat meningkatkan aliran darah. Minumlah air rebusan jahe yang telah dicampur dengan sedikit madu atau gula agar rasanya menjadi lebih nikmat. Minum air ramuan ini secara teratur tak hanya berguna untuk mengatasi telat datang bulan, namun juga berguna untuk meredakan rasa nyeri ketika menstruasi.

2. Kunyit


Kunyit yang mempunyai sifat menghangatkan dapat membantu mengatasi telat datang bulan. Minum air rebusan kunyit ampuh untuk mengatur siklus menstruasi dan ketidakseimbangan hormon. Tak hanya itu, air rebusan kunyit juga dapat mengatasi kram karena adanya sifat anti inflamasi dan antispasmodic di dalamnya.

3. Biji ketumbar


Biji ketumbar dapat kamu gunakan sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Rebus beberapa sendok makan biji ketumbar (secukupnya), kemudian saring, dan minumlah sebanyak 3 kali sehari guna mengatur siklus menstruasi.

4. Wortel


Tak hanya untuk kesehatan mata, wortel ternyata juga baik dan mampu mengatur fungsi hormonal secara tepat. Kamu bisa meminum jus wortel sebagai cara ampuh mengatasi telat datang bulan.

5. Biji wijen


Walauoun kecil, namun manfaatnya cukup banyak bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur atau biasa disebut telat datang bulan. Kamu minum air rebusan wijen pada pagi hari ketika perut kamu sedang kosong.

6. Kayu manis


Sama halnya dengan kunyit, kayu manis juga mempunyai efek menghangatkan yang bermanfaat untuk mengatasi telat datang bulan. Tak hanya itu, kandungan hydroxychalcone di dimiliki oleh kayu manis juga dapat membantu untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh

7. Pepaya mentah


Dengan mengonsumsi pepaya mentah, hal ini akan membantu kamu untuk mengatasi telat datang bulan. Karena pepaya dapat mengontraksi otot pada rahim dan kemudian akan menginduksi menstruasi.

8. Anggur


Kamu bisa mengkonsumsi anggur secara rutin . Cara ini dipercaya sangat ampuh untuk cara mengatasi telat datang bulan atau haid.

9. Pare


Memang tidak banyak orang yang menyukai sayuran yang satu ini. Akan tetapi, makan pare sebenarnya sangat ampuh untuk mengatasi telat datang bulan. Tidak hanya dikonsumsi sebagai olahan sayur, pare juga bisa dibuat jus yang dapat kamu minum sebanyak 1 hingga 2 kali setiap hari selama beberapa minggu untuk membantu kamu mengatur siklus menstruasi agar teratur.

10. Vitamin C


Vitamin C sangatlah berguna untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk kesehatan menstruasi. Karena vitamin C dapat meningkatkan produksi estrogen yang akan membantu kamu menjaga kesehatan menstruasi. Kamu dapat memperoleh vitamin C ini pada buah jeruk, tomat, apel, dan masih banyak lagi.