Cara Yang Benar Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Beserta Contohnya

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Sebenarnya cara membuat surat izin tidak masuk sekolah merupakan hal yang sangat gampang, asalkan kamu mengetahui apa saja unsur-unsur yang seharusnya sudah kamu persiapkan dan perhatikan ketika membuat surat izin.

1.  Tujuan pengiriman surat

Tujuan yang di maksud disini adalah surat ini berisi sebuah informasi yang ditujukan untuk siapa. Apakah ditujukan ke kepala sekolah, wali kelas, pimpinan perusahaan, atau yang lainnya.

2.  Alasan Izin

Dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini merupakan yang sangat penting. Karena unsur inilah yang akan menentukan apakah surat yang telah kamu buat bisa di terima atau tidak. Kamu harus bisa menulis alasan yang benar-benar logis dan tidak mengada-ada.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Meskipun biasanya surat izin ditulis dan dibuat secara pribadi, tetapi surat izin dapat di katakan sebagai surat yang resmi. Oleh sebab itu dalam menulis surat izin, sebaiknya kaku menulisnya secara jelas dan baku.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari Orang Tua

                                                Surabaya, 19 Juli 2019


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA-2

SMA ...........

di Tempat



Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ..................

Kelas        : XI IPA 2

Alamat    : Jl. Kalianda, Surabaya

NISN       : 192748


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jum'at, 19 Juli 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA-2 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.



Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,



Roni Wibisono