Cara Menggunakan Mikroskop Yang Baik & Benar Untuk Pengamatan

Bagian-bagian dari mikroskop

Berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan tentang cara menggunakan mikroskop untuk membuat pengamatan terhadap suatu objek benda:

Cara Menggunakan Mikroskop Secara Baik & Benar

1. Mengatur Letak Mikroskop

  • Pertama adalah meletakkan microskop secara hati-hati di atas meja dan dapat dengan mudah dijangkau oleh badan pengamat.
  • Lalu mengatur kemiringan mikroskop dengan cara memutar sambungan inklinasi. Hal ini bertujuan agar sang pengamat nyaman untuk melakukan pengamatan walaupun dalam waktu yang lama sekalipun.


2. Mengatur Pencahayaan

  • Apabila kamu menggunakan mikroskop yang membutuhkan sumber cahaya matahari sebagai pencahayaan, sebaiknya kamu menggunakannya di meja yang berada di dekat dengan jendela. Perlu kamu ingat, hindari meletakkan mikroskop di bawah terik matahari secara langsung.
  • Untuk mikroskop yang menggunakan sumber cahaya dari lampu, kamu dapat menggunakan lampu 15 cm yang dipasang di muka atau di luar mikroskop.
  • Untuk mikroskop yang menggunakan cahaya tetap pada dasar mikroskop, penggunaanya sangat mudah. Kanya hanya perlu memencet sebuah tombol untuk menyalakan lampunya.
  • Cahaya yang digunakan untuk menerangi objek dan yang masuk pada mata pengamat bisa diatur melalui pemutar tombol atau pengatur diafragma. Apabila semakin lebar lubang dari diafragma, maka cahaya yang masuk akan semakin banyak dan begitu juga sebaliknya.


3. Menemukan Objek

  • Caranya adalah dengan meletakkan slide/preparat (sediaan bahan/spesimen) di atas meja mikroskop, dan juga tepat pada atas lubang. Lalu jepitlah slide tersebut dengan menggunakan penjepit. Pada tahap ini, posisi tabung berasa pada jarak yang terjauh dengan meja mikroskop.
  • Pasang dengan tepat sampai terdengar bunyi “klik”.
  • Lalu kamu bisa menurunkan tabung sampai jaraknya kurang lebih 1 cm berada dari atas objeknya dengan menggunakan pemutar kasar. (Pada tahap ini, sebaiknya jangan mengintai lensa okuler dahulu).
  • Kamu bisa meletakkan lampu berada di depan cermin (jika menggunakan sumber cahaya luar). Apabila menggunakan cahaya matahari, kamu bisa menempatkan mikroskop berada di dekat jendela. Jika mikroskop tersebut sudah dipasang dengan lampu, kamu bisa memencet tombol yang bertujuan untuk menyalakan lampunya.
  • Langkah berikutnya, atur cahaya yang masuk. Caranya adalah dengan membuka diafragma iris lalu mengatur cermin (jika perlu).
  • Kemudian kamu bisa melihat pada lubang pengamat. Cari objek sampai terlihat jelas, caranya adalah dengan memutar bagian tombol pemutar yang halus naik maupun turun.
  • Apabilq kamu sudah mendapatkan objek yang terlihat jelas, kamu bisa memutar cakram mikroskop yang akan mengarah pada lensa objektif perbesaran yang kuat tepat berada di atas objeknya.
  • Agar memperoleh pandangan secara jelas, kamu bisa mengatur kembali pemutar halusnya.


4. Menyiapkan preparat

Objek Preparat (spesimen) merupakan sediaan bahan yang akan diamati nantinya. Preparat dapat dibagi memjadi dua bagian, yaitu preparat basah dan preparat kering. Untuk dapat membuat preparat, kamu membutuhkan peralatan seperti objek pengamatan, kaca benda (slide), kaca penutup, dan juga medium.

Dan umumnya objek-objek mikroskopis yang berukuran kecil dapat langsung diamati menggunakan mikroskop. Namun untuk yang objek makroskopis yang memiliki ukuran besar, ternyata kamu harus mengambil dulu sebagaian kecil dari objek tersebut. Dan objek yang diamati itulah yang selanjutnya akan diwujudkan menjadi sebuah preparat.