Senin, 08 Juli 2019

Cara Cepat Menghafal Dan Tidak Mudah Lupa

 

Cara cepat menghafal

Menghafal dengan cepat merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk dimiliki. Apakah itu untuk sekolah, bekerja atau cuma untuk mengembangkan diri sendiri. Melatih daya ingat mamou menambah kemampuan kamh sebagai pribadi dan juga mampu membantu menjaga otak kamu agat sehat.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara cepat menghafal dan tidak mudah lupa.

1. Segarkan dirimu

Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa yang pertama ialah dengan cara mengetahui waktu kapan kemampuan otak kamu dapat keluar 100%. Setiap orang mungkin saja berbeda-beda, ada yang mudah menghafal saat pagi hari, tengah malam, sore hari, bahkan sebelum sebelum tidur. Temukan kapan waktu yang paling pas  buat kamu.

Selain itu buat badan dan otak kamu lebih segar supaya lebih mudah untuk berkonsentrasi, lebih bersemangat, dan juga lebih kuat hafalan. Misalnya dengan cara dengan mandi.

2. Pilih lingkungan yang tepat

Ketika akan menghafal, perhatikan lingkungan yang akan kamu pilih. Untuk kebanyakan orang akan memilih daerah yang tenang dan aman dari berbagai gangguan sehingga dapat lebih bisa berkonsentrasi. Tetapi, sebagian orang juga dapat melakukannya di tempat umum yang ramai. Cobalah mencari tempat yang paling nyaman untuk belajar.

3. Catat kembali apa yang kamu hafal

Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa berikutnya yaitu dengan mencatat kembali semua informasi yang telah melekat di otak kamu agar dapat terikat lebih kuat lagi. Cara ini merupakan cara termudah untuk mengevaluasi semua hafalan kamu. Dengan membaca atau mengucapkannya kembali, hal itu akan memaksa otak kamu bekerja lebih keras lagi untuk mengingat.

4. Tulis terlebih dahulu sebelum memulai menghafal

Caranya, tulis terlebih dahulu apa yang akan kamu hafalkan. Lalu, buat dirimu merasa akrab dengan apa yang akan kamu hafalkan, dengan cara membacanya kembali. Setelah itu barulah mulai untuk menghafalkannya.

5. Terapkan langkah pengulangan

Untuk setiap baris teks yang kamu hafalkan, kamu sebaiknya mengulangi beberapa kali sampai kamu benar-benar menghafalnya sebelum kamu berpindah ke teks berikutnya.

Cara ini bisa membantu kamu mencegah agar ingatanmu tidak mudah memudar dalam waktu yang singkat. Karena sejatinya, semakin banyak kita mengulang, maka hafalan tersebut akan semakin kuat.

6. Ajarkan kepada seseorang atau kepada dirimu

Jika kamu ingin menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, kamu mengajarkan apa yang sudah kamu hafal kepada orang lain atau kamu juga bisa langsung mempraktekkannya kepada dirimu sendiri, misalnya dengan cara berbicara sendiri di depan kaca seolah-olah kamu sedang mengajar.  Hal ini dapat membantu kamu untuk mengingat lebih kuat lagi.

8. Manfaatkan rekaman

Kamu dapat merekam semua hal yang akan kamu hafalkan, lalu dengarkan rekaman itu sesering mungkin. Cara ini sangat efektif untuk orang yang terbiasa belajar dengan cara mendengar (listening).

Tidak ada komentar:
Write komentar