Cara Yang Cepat & efektif Mengajari Anak Membaca dan Menulis

Cara cepat belajar membaca dan menulis

Kita harus yakin jika anak-anak mempunyai kemampuan belajar yang tidak tertandingi, karena sudah banyak bukti yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari jika mereka bisa menghafal iklan, menyerap kata-kata yang telah kita ucapkan, dan nyeletuk pasa saat kita berbicara dengan orang lain.

Metoda belajar yang mudah dan sederhana, tetapi bukan berarti bisa belajar "seenaknya". Terdapat hal-hal yang penting dan perlu dilakukan supaya tujuan mengajari membaca pada anak-anak bisa tercapai dengan hasil yang memuaskan.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara cepat mengajarkan anak membaca dan menulis.

Kenalkan Dasar-Dasar dari Membaca dan Menulis Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengajari anak membaca dan menulis yaitu dengan mengenalkan dasar-dasarnya terlebih dahulu. Kamu bisa mulai dengan mengenalkan huruf abjad, bagaimana cara menyebutkannya, dan lain sebagainya sehingga sang anak nanti akan bisa dengan mudah melangkah ke tahap selanjutnya. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan pengenalan dengan menggunakan cara atau media yang sekiranya cukup disukai oleh anak.

Manfaatkan Media yang Ada di Sekitar kamu

Untuk cara yang satu ini, kamu perlu memperhatikan media apakah yang disukai anak.

Terdapat banyak hal yang dapat kamu manfaatkan untuk mendukung kecepatan belajar anak dalam hal membaca dan juga menulis, seperti buku bergambar, karpet bergambar, media elektronik, puzzle, dan masih banyak lagi.

Awali belajar membaca dari Kata-Kata yang Sederhana

Cara cepat belajar membaca berikutnya yaitu dengan memulai dari kata-kata yang sederhana. Cara ini tidak hanya membuat anak agar lebih lancar membaca, namun juga bisa menjadi cara belajar menulis yang pas bagi anak.

Kamu dapat menggunakan kata-kata misalnya nama teman yang dimiliki oleh sang anak, nama bunga yang terdapat di halaman rumah, kegiatan yang biasa dilakukan oleh sang anak dan lain-lain. Sebaiknya jangan memberikan anak kosakata yang masih asing dalam kesehariannya, karena hal itu justru akan membuat sang anak kesulitan untuk memahaminya.

Mengajak Anak untuk Membaca Sambil Bernyanyi

Kamu tentu sudah mengajarkan lagu anak pada buah hatimu bukan? Kamu dapat memanfaatkan hal itu sebagai cara mudah belajar membaca agar cepat bisa.

Lakukan Proses Pembelajaran Ini Secara Berkala

Cara yang terakhir yaitu dengan melakukan proses pembelajaran membaca dan menulis secara berkala. Jangan berpikir soal berapa lama waktu yang kamu butuhkan, namun apabila kamu melakukan langkah-langkah seperti di atas secara rutin dan berkala, maka hal ini secara tidak langsung akan menciptakan suatu kebiasaan yang baik untuk anak sehingga memperbesar peluang juga anak akan tetap menerapkan kebiasaan ini bahkan saat dia telah dewasa nantinya. Jangan lupa untuk memberikan selingan ketika melakukan pengajaran agar anak tidak bosan. Misalnya, hari ini kamu mengajarkan membaca, besoknya kamu bisa mengajarinya untuk menulis, kemudian besoknya lagi kamu dapat mengajarinya menggambar.

Beberapa cara cepat belajar membaca dan menulis di atas bisa kamu terapkan untuk anak SD kelas 1 atau bahkan anak yang masih belum sekolah sekalipun