Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur'an Yang Baik Dan Benar

Cara Cepat Belajar Mmebaca Al-Quran
Bagi seorang muslim, wajib bisa membaca Alquran secara baik dan benar. Karena pada saat sholat, kita tentu membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam alquran.

Ada baiknya untuk belajar membaca Alquran sejak usia dini, yaitu mulai dari belajar bacaan iqra' dan juga mengenal huruf-huruf hijaiyah.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan cara membaca Alquran yang baik dan benar.

1. Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf ejaan bahasa arab sebagai bahasa asli Alquran. Dapat dikatakan jika huruf hijaiyah sama seperti huruf abjad di dalam Bahasa Indonesia, sehingga apabila kamu ingin lancar dalam membaca Alquran, kamu harus belajar dan mengerti apa itu huruf hijaiyah dan ejaannya.

2. Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Cara membaca Alquran secara cepat yanh selanjutnya adalah kamu harus mengenal dan mempelajari harakat atau tanda baca di dalam Alquran. Harakat disini berfungsi untuk menentukan bagaimana cara pengucapan huruf hijaiyah di dalam Alquran.

Misalnya, apabila dalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O, maka di bahasa Arab ada harakat.

3. Mengenal Bacaan Tajwid Al Qur’an

Cara membaca Alquran dengan lancar berikutnya adalah dengan mengenal dan menghafal bacaan tajwid Alquran. Tajwid merupakan ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana cara membunyikan bacaan Alquran secara baik & benar. Misalnya bacaan Alquran yang dibacakan secara jelas, mendengung, atau samar-samar.

Tajwid ini dapat dikatakan sebagai Grammar jika dalam Bahasa Inggris. Bacaan tajwid sendiri antara lain Idzhar, Idgham, Iqlab dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Belajar Secara Sunguh-sungguh dan Rajin

Cara membaca Alquran agar cepat lancar selain langkah langkah di atas ialah, harus belajar dengan sungguh sungguh, rajin dan tidak putus asa. Karena harus selalu diingat bahwa dalam belajar membaca Alquran itu termasuk dalam ibadah dan akan mendapatkan pahala.

Oleh karena itu, sudah sangat pasti bahwa ikhtiar tersebut pastinya akan selalu diganggu oleh Setan dan pasti akan selalu ada halangannya seperti malas, mengantuk dan lain lain.

Namun harus selalu diingat sekali lagi bahwa ini termasuk ke dalam ibadah dan akan mendapatkan pahala sehingga harus belajar secara ikhlas dan rajin.

5. Mengetahui Isyarat Tanda Baca

Di dalam membaca Alquran, terdapat banyak sekali isyarat tanda baca, misalnya seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil dan masih banyak yang lainnya. Dan disini kamu harus mengetahui dan menghafal macam-macam isyarat tanda baca tersebut supaya bacaanmu benar.

6. Latihan atau Praktik Membaca Alquran

Kamu mungkin tidak akan bisa membaca Alquran dengan fasih jika kamu tidak pernah mempraktekkannya secara langsung. Ada baiknya pada saat sedang praktek membaca Alquran ada orang yang membimbing misalnya guru ngaji supaya ada yang membenarkan apabila ada bacaan yang salah.

7. Menyiapkan Waktu Untuk Belajar Membaca Alquran

Tidak ada kata terlambat untuk belajar membaca alquran. Oleh karena itu, siapkan dan juga alokasikan waktu terbaikmu untuk belajar membaca Alquran. Meluangkan waktu khusus untuk belajar membaca Alquran merupakan salah satu kunci supaya kamu bisa membaca Alquran dengan cepat.

Sebaiknya jangan hanya memberikan waktu sisa untuk mempelajari kitab suci.

8. Mencari Guru Mengaji

Setelah mempunyai waktu belajar membaca alquran, selanjutnya ialah kamu juga sebaiknya mempunyai guru yang bisa membantu kamu belajar cara membaca Alquran yang baik dan benar.

Namun, apabila kamu ingin belajar Alquran secara otodidak kamu bisa saja melakukannya. Karena di zaman sekarang ini telah banyak panduan membaca alquran di internet. Akan tetapi, ada masalah yang muncul ketika kamu belajar Alquran otodidak, yaitu tidak ada yang mengkoreksi apabila bacaanmu ada yang salah.