Cara Yang Menyenangkan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

Apabila hipertensi disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, maka kamu harus mengkonsumsi obat tertentu agar dapat menurunkan tekanan darah tersebut. Tetapi, apabila hipertensi yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kamu tentu wajib mengubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat.

Lalu bagaimana cara yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah seseorang mencapai 140/90 mmHg. Sebenarnya tekanan darah pada orang yang sehat berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan darah tinggi:

1. Makan buah bit


Buah bit merupakan buah yang kaya akan kandungan nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Untuk mengonsumsi buah bit, kamu bisa membungkus buah bit dengan menggunakan aluminium foil dan memanggangnya di oven dengan suhu 200°C selama kurang lebih 40 menit. Iris dan juga bumbui menggunakan minyak zaitun dan thyme segar. Kamu juga bisa mengolah buah bit ini menjadi jus dan meminumnya 120ml sebelum berolahraga.

2. Minum yogurt

Tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan saja, yogurt ternyata juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsi 180 ml yogurt per hari yang akan membantu kamu menjaga tekanan darah tetap dalam kisaran sehat. Hal itu dikarenakan yogurt mengandung protein spesial dan juga bakteri baik probiotik. Agar dapat merasakan manfaat yogurt yang lebih optimal, kamu bisa memilih yogurt tanpa rasa dengan kandungan lemak yang tidak lebih dari 2%.

3. Masak menggunakan rempah-rempah

Apabila kamu selama ini terbiasa untuk membumbui masakan dengan menggunakan garam atau MSG, maka sebaiknya gantilah dengan penyedap alami. Cobalah untuk menggunakan rempah-rempah yang mempunyai rasa kuat seperti jahe, lada, bawang putih, kayu manis, paprika, jinten, bubuk kari, dan masih banyak lagi.

Oh iya, kayu manis bisa membantu mengontrol tekanan darah kamu supaya tetap stabil.

4. Ngemil dark chocolate


Pilihlah dark chocolate sebagai pilihan camilan kamu. Pilih dark chocolate yang setidaknya mempunyai kandungan 60% cocoa dan juga batasi mengkonsumsinya sebanyak kira-kira 30 gram per hari. Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang 2 kali lebih banyak daripada cokelat susu. Kandungan ini yang akan membantu kamu menjaga kesehatan jantung dan juga memperlancar aliran darah dengan menurunkan tensi.

5. Makan ikan

Kamu bisa memilih ikan sarden, salmon, herring, mackerel, maupun tuna. Ikan-ikan ini mempunyai 2 lemak omega-3. Omega-3 bisa membantu mengurangi efek peradangan yang melebarkan pembuluh darah dan juga menurunkan tekanan darah. Sebagai cara menurunkan darah tinggi, sebaiknya kamu memakan ikan-ikan tersebut setidaknya 2 - 3 kali seminggu.

6. Angkat beban

Memiliki terlalu banyak lemak pada bagian perut dapat meningkatkan risiko kamu terkena darah tinggi. Untuk pencegahan, latihan angkat beban akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan penggunaan treadmill. Latihan angkat beban bisa membakar lemak 2 kali lipat lebih banyak daripada hanya melakukan kardio.

Namun perlu kamu ingat, latihan kardio juga merupakan cara yang terbaik untuk mengurangi kelebihan berat badan kamu.

7. Ikut kelas yoga

Yoga merupakan cara menurunkan darah tinggi yang sangat efektif. Hanya dalam 3 bulan rutin melakukan yoga, kamu kemungkinan bisa mencapai target tekanan darah yang lebih baik. Yoga juga bisa mengendalikan tingkat kolesterol kamu dan juga bisa membantu menurunkan berat badan.