Jumat, 28 Juni 2019

Cara Yang Tepat Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

 

Cara mengatasi asam lambung

Tidak hanya dengan mengkonsumsi obat, sebenarnya sakit lambung dapat dengan mudah diatasi melalui pola makan yang sehat dan juga seimbang.

Beberapa aturan pola makan yang harus kamu perhatikan untuk membantu mengatasi asam lambung yang kambuhan yaitu:

Makan lebih teratur
Penyebab naiknya asam di lambung salah satunya yaitu pola makan yang tidak teratur. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mempunyai jam makan yang sama setiap hari. Tak hanya itu, kamu juga disarankan untuk tidak makan 2 jam sebelum tidur. Hal tersebut bisa memicu asam naik ke tenggorokan ketika tidur.

Hindari ngemil di antara waktu makan
Kebiasaan yang satu ini bisa mengakibatkan pencernaan menjadi kesulitan ketika mencerna makanan karena jumlahnya terlalu banyak. Akibatnya, tubuh memerlukan waktu yang lama untuk mencerna makanan tersebut.

Perhatikan porsi makan
Cara untuk mengatasi asam lambung lainnya yaitu dengan memperhatikan porsi maka. Makan dengan porsi besar bisa memicu refluks.  Lebih baik kamu makan lebih sering tapi dalam porsi yang lebih kecil untuk menghindari kelaparan.
Mengunyah makanan dengan benar.
Walaupun terdengar sepele, cara yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Dengan mengunyah makanan fengan benar, itu sama saja membantu enzim pencernaan untuk mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah. Hak itu dapat mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD yang kamu alami.

Hindari minum air terlalu banyak ketika makan
Minum terlalu banyak di tengah waktu makan sebenarnya tidak baik karena hal itu dapat mencairkan asam di lambung dan menjadikan makanan yang kamu konsumsi lebih sulit untuk dicerna.

Pilihan makanan untuk asam lambung yang baik dikonsumsi

Setelah selesai makan, asam di lambung sangat rentan untuk naik. Oleh karena itu, selain memiliki waktu makan yang teratur, kamu juga harus bisa menyeleksi apa yang kamu makan setiap hari untuk mengatasi asam lambung. Salah memilih makanan justru akan membuat asam lambung kamu naik.

Berikut ini Tutorialsaya.com memberikan cara memilih makanan bagi penderita menderita asam lambung:

Pisang
Pisang mempunyai tingkat keasaman yang cukup rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 sampai 5,2. Hal ini membuat pisang bisa menetralisir asam di lambung dan membantu meringankan gejalanya. Tak hanya pisang, buah no citrus yang lainnya seperti apel, melon, pepaya, dan juga pir mampu dijadikan pilihan yang tepat sebagai makanan untuk asam lambung.

Oatmeal
Oatmeal (bubur havermut) terbuat dari gandum utuh dan mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu menyerap asam di lambung dan juga bisa mencegahnya naik kembali. Pilihan makanan yang berserat tinggi lainnya yaitu roti gandum dan beras whole grain.

Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti sawi, bayam, brokoli, seledri, kacang hijau, dan masih banyak lagi merupakan pilihan makanan yang tepat untuk asam lambung. Hal ini dikarenakan sayuran-sayuran tersebut memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga membuatnya sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung yang sedang kamu alami.

Jahe
Jahe mempunyai sifat antiradang alami yang sangat baik digunakan sebagai perawatan untuk sakit asam lambung dan juga masalah pencernaan lainnya. Kamu bisa menambahkan jahe yang diarut atau diiris ke dalam makanan ataupun minuman kamu.

Putih telur
Putih telur rebus merupakan pilihan yang bagus sebagai makanan yang baik dikonsumsi ketika kamu mengalami asam lambung. Akan tetapi hindari bagian kuning telur, karena kuning telur mengandung lemak yang tinggi dan justru bisa memperparah kondisi kamu yang sedang mengakami sakit asam lambung.

Daging tanpa lemak
Daging tanpa lemak juga merupakan pilihan yang bagus sebagai makanan untuk asam lambung. Makanlah dada ayam tanpa kulit atau daging merah tanpa lemak dikukus, dibakar, atau dipanggang. Hindari mengolahnya dengan cara digoreng karena minyak malah akan memperburuk gejala refluks.

Lidah buaya
Bukan rahasia umum lagi jika tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami. Namun ternyata lidah buata juga bisa dijadikan obat untuk gangguan pencernaan, termasuk GERD.

Tidak ada komentar:
Write komentar