Selasa, 04 Juni 2019

Cara Mudah & Efektif Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

 

Cara mengatasi pembengkakan pada gusi

Gusi adalah bagian tubuh yang berada di dalam mulut yang tersusun atas jaringan mukosa yang menutupi tulang alveolar yang ada di dalam rongga mulut. Gusi mempunyai warna merah muda yang berarti hal itu menandakan adanya pembuluh darah di baliknya.

Apakah kamu pernah mengalami gusi bengkak? Tentu gusi bengkak akan terasa sangat mengganggu, mulai dari makan yang menjadi tidak enak, bahkan hingga tidur pun menjadi tidak nyenyak. Oleh sebab itu, supaya kamu tidak terganggu dengan masalah gusi bengkak, kamu harus tau cara mengatasi gusi bengkak.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan beberapa cara mudah dan ampuh untuk mengatasi gusi bengkak yang bisa kamu lakukan.

1. Kompres dengan Es atau Air Hangat

Apabila kamu mengalami gusi yang bengkak tanpa disertai adanya nyeri yang berdenyut, kamu dapat melakukan kompres pada gusi kamu dengan menggunakan es batu. Rasa dingin yang disebabkan oleh es batu akan membantu kamu mengurangi pembengkakan pada gusi. Sedangkan, apabila gusi kamu mengalami pembengkakan dengan disertai rasa nyeri berdenyut, kamu dapat mengompres gusi kamu dengan menggunakan air hangat.

2. Kumur dengan Air Garam

Air garam dipercata mampu membantu mengatasi peradangan dan juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang ada di dalam mulut yang dapatmenyebabkan gusi menjadi bengkak. Larutkan garam pada air, kemudian kamu gunakan air garam tersebut untuk berkumur.

3. Berkumur dengan Air Lemon

Lemon memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Lemon mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami yang dapat menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, kamu hanya perlu memeras 1 buah lemon dan mencampurnya dengan 1 gelas air hangat. Lalu, kamu gunakan air lemon tersebut untuk obat kumur.

4. Mengoleskan Belimbing Wuluh pada Gusi


Ternyata belimbing wuluh juga cukup ampuh digunakan untuk membasmi bakteri yang terdapat di dalam mulut. Caranya sangat gampang, kamu pilih belimbing wuluh yang belum matang, kemudian tumbuk sampai halus, lalu oleskan tumbukan belimbing wukuh tersebut pada bagian gusi yang bengkak.


5. Hindari Penyebab Iritasi

Jika kamu mengalami gusi bengkak, maka sebaiknya kamu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan iritasi, misalnya merokok atau meminum minuman yang beralkohol. Dengan kamu menghindari hal-hal tersebut, kamu bisa mengurangi tingkat iritasi yang terjadi pada gusi, dan hal itu juga akan membantu kamu dalam mengatasi pembengkakan gusi.


Cara-cara yang sudah Tutorialsaya.com jelaskan diatas adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengatasi gusi yang bengkak. Tetapi, kamu juga perlu menjaga kesehatan mulut, khususnya pada gusi dengan upaya pencegahan agar gusi kamu senantiasa sehat selalu.

Tidak ada komentar:
Write komentar