Rabu, 26 Juni 2019

Cara Mengatasi Mata Bengkak, Mudah & Efektif

 

Cara mengobati mata bengkak

Mata bengkak dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena penumpukan cairan tau karena infeksi. Gangguan pada mata ini umumnya akan hilang dengan sendirinya.

Berikut ini adalah berbagai macam hal yang menyebabkan mata bengkak, dari yang paling ringan sampai yang paling parah dan harus segera ditangani dengan cepat:

Kelelahan
Ketika kamu merasa kelelahan, maka kelopak mata kamu bisa membengkak. Hal ini dikarenakan adanya tumpukan air yang terdapat di area mata, sehingga di pagi hari kamu melihat mata menjadi bengkak.

Bintitian
Bintitan akan membuat sudut kelopak mata kamu jadi membesar. Hal ini disebabkan oleh infeksi Staphylococcus aureus yang menyerang kelenjar yang ada di dalam mata.

Alergi
Apabila kelopak mata kamu membengkak, memerah, dan berair, maka bisa jadi hal ini dikarenakan kamu alergi terhadap sesuatu hal. Alergi bisa saja disebabkan oleh debu-debu kotor yang terkena mata.

Infeksi konjungtiva
Infeksi yang terjadi di bagian konjungtiva mata ini tidak hanya membuat kelopak mata menjadi bengkak, tetapi apabila mata kamu juga akan memerah. Infeksi konjungtiva ini salah satunya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Saluran air mata tersumbat
Kondisi seperti ini biasa dialami oleh bayi yang baru lahir dan juga anak balita. Hal ini dikarenakan terjadinya infeksi dan dapat menimbulkan rasa sakit.

Kanker mata
Apabila mata kamu bengkak dan tidak kunjung sembuh setelah beberapa waktu, maka hal itu jangan diremehkan. Karena bisa saja itu merupakan salah satu tanda dari gejala kanker mata. Namun, sebelum menyimpulkannya, lebih baik kamu pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

Cara mengatasi mata bengkak

Ketika kamu mengalami mata bengkak, tentu hal itu bisa menganggu kenyamanan. Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi mata bengkak.

1. Kompres Mata Menggunakan Kain Halus

Kompres mata yang bengkak dengan menggunakan kain halus yang telah direndam air dingin dan tentunya harus bersih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kantong yang berisi es yang ditempelkan pada mata selama sekitar 15 menit, 1 jam sekali.

2. Lepaskan Lensa Kontak

Kamu bisa melepaskan lensa kontak apabila kamu sedang menggunakannya.

3. Berikan Obat Tetes Mata

Mata bengkak yang disebabkan oleh alergi bisa kamu tangani dengan menggunakan obat tetes mata antihistamin. Akan tetapi sebelum kamu melakukannya, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

4. Tempelkan Kantong Teh

Kafein dapat berguna untuk meredakan pembengkakan. Tempelkan kantong teh yang telah dibasahi dan didinginkan pada mata yang tertutup. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi kelopak mata yang bengkak.

5. Jaga Posisi Saat Tidur

Ketika kamu akan tidur, usahakan poisi kepala kamu lebih tinggi dari badan kamu untuk menghindari risiko penumpukan cairan.

Tidak ada komentar:
Write komentar