Cara Membersihkan Kacamata Yang Benar Agar Lensanya Tidak Tergores

Cara membersihkan kacamata

Supaya dapat selalu membantu kamu melihat dengan baik, kacamata wajib rutin kamu bersihkan. Tetapi, apakah sudah benar cara kamu membersihkan lensanya? Cara membersihkan lensa kacamata yang benar bisa mencegah resiko goresan terhadap lensa, dan juga sekaligus memperpanjang usia pakainya sehingga kamu tak perlu repot lagi bolak-balik pergi ke optik untuk mengganti lensa.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara membersihkan lensa kacamata yang benar.

1. Gunakan cairan khusus pembersih kacamata

Membersihkan kacamata dengan menggunakan cairan khusus yang dapat kamu beli di optik merupakan cara yang paling tepat.

Cara membersihkan lensa kacamata dengan mengghnakan cairan pembersih khusus cukup mudah,
  • Pertama bilas terlebih dahulu lensa kacamata menggunakan air mengalir, lalu semprotkan cairan pembersih kacamata. Jika sedang tidak ada air bersih, kamu bisa langsunh menyemprotkan cairan pembersih kacamata dengan jumlah yang lebih banyak. Hal ini bertujuan agar debu-debu yang menempel pada lensa dapat terbilas.
  • Tiriskan atau goyang-goyang ringan kacamata kamu untuk mengeringkan air dan periksa kembali kebersihan lensanya.
  • Kemudian keringkan kacamata menggunakan kain katun atau kamu bisa juga menggunakan kain mikrofiber yang bisa kamu dapatkan di toko-toko kacamata.
  • Jangan lupa untuk memeriksa dan membersihkan kain katun atau mikrofiber kamu terlebih dahulu bila terdapat debu yang menempel agar debu tidak sampai menggores lensa kacamata kamu.

2. Cuci pakai sabun dan air mengalir

Cara membersihkan lensa kacamata menggunakan air dan sabun dapat kamu  lakukan pada saat kamu sedang kehabisan atau lupa membawa cairan khusus pembersih kacamata.

Caranya sangat gampang,
  • Cuci terlebih dahulu tangan tangan kamu hingga bersih menggunakan sabun agar terhindar dari debu dan partikel asing yang dalat menggores lensa kacamata kamu.
  • Bilas lensa kacamata menggunakan air bersih yang mengalir. Biarkan sebentar dan tidak perlu digosok-gosok. Hal ini bertujuan untuk membilas debu-debu halus yang terdapat di permukaan lensa.
  • Kemudian berikan 1 tetes sabun pencuci piring pada lensa. Cukup 1 tetes saja untuk setiap lensa.
  • Setelah itu gosok secara perlahan kedua sisi lensa, bagian hidung dan juga gagang kacamata.
  • Lalu bilas kembali lensa kacamata menggunakan air mengalir sampai bersih.
  • Keringkan lensa kacamata dengan menggunakan kain katun yang bersih.

3. Bawa kacamata ke optik

Cara membersihkan kacamata yang paling aman adalah dengan cara membawanya ke optik kacamata terdekat. Terutama jika kamu tidak bisa membersihkan beberapa bagian kacamata, misalnya noda membandel yang terdapat pada gagang hidung.

Kacamata kamu akan dibersihkan dengan menggunakan alat pembersih ultrasonik, jadi seluruh bagian kacamata kamu bisa terjangkau dengan baik.