9 Cara Yang Ampuh Untuk Mencegah Usus Buntu Secara Alami

Cara mencegah usus buntu

Radang usus buntu adalah salah satu masalah yang terjadi pada sistem pencernaan dan termasuk dalam penyakit yang berbahaya. Orang yang telah divonis oleh dokter mengalami peradangan usus buntu, dokter akan langsung menganjurkan untuk melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

Gejalanya hampir sama layaknya pada sakit perut biasa yang menyebabkan sang penderita usus buntu sering sekali tidak menyadari penyakitnya. Berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan beberapa cara yang cukup efektif untuk mencegah radang usus buntu.

1. Memakan makanan berserat tinggi


Dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu mengurangi penumpukan makanan yang terjadi di usus halus, karena makanan yang berserat tinggi dapat membuat pencernaan menjadi lebih baik. Tak hanya itu, makanan berserat tinggi juga dapat memberikan asupan yang sehat bagi bakteri baik yang terdapat di dalam tubuh, termasuk pada sistem pencernaan.

2. Batasi asupan alkohol dan kafein


Tahukah kamu jika alkohol dan kafein dapat membuat kita lebih mudah terserang sembelit? Perlu juga kamu ketahui, jika alkohol dan kafein juga dapat menjadi cikal bakal terjadinya radang usus buntu di kemudian hari. Oleh sebab itu, batasilah atau justru hindarilah mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang mengandung kafein ataupun alkohol.

3. Perbanyak minum air putih

Cara ini merupakan cara mengatasi usus buntu yang paling gampang dan mudah untuk dilakukan. Air putih mempunyai kemampuan untuk melunakkan feses sehingga dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

4. Jangan suka menunda buang air besar (BAB)

Menahan BAB mungkin merupakan hal yang sepele, tetapk faktanya hak ini dapat membuat sembelit. Sifat feses yang keras dan berpotensi terjadinya usus buntu. Oleh karena itu, apabila kamu sudah merasa ada dorongan untuk buang air besar, segeralah untuk pergi ke toilet.

5. Jangan lupa konsumsi vitamin A dan D

Makanan yang mengandung vitamin A dan D dipercaya dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mencegah radang usus buntu. Manfaat dari vitamin A sendiri adalah membentuk sel darah putih yang berguna untuk mempertahankan tubuh dari infeksi, sedangkan vitamin D berguna untuk melawan bakteri yang memiliki tingkatan lebih tinggi.

6. Jangan suka menahan kentut

Tahu kah kamu jika menahan kentut merupakan salah satu penyebab radang usus buntu. Alasannya adalah karena ketika kamu menahan kentut, saluran pencernaanmu akan menjadi terhambat dan juga tersumbat. Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah menahan kentut. Tapi ketika kamu kentut, perhatikan juga kondisi dan situasinya.

7. Kualitas tidur yang baik dan jadwal teratur

Seseorang yang mempunyai jadwal tidur yang berantakan ternyata rawan terkena radang usus buntu. Penyebabnya adalah tidur dengan jadwal yang tidak teratur bisa mengganggu metabolisme tubuh. Sedangkan sistem metabolisme yang buruk dapat mempengaruhi kinerja dari organ pencernaan.

8. Kurangi membeli makanan cepat saji


Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam makanan cepat saji atau junk food bisa mengiritasi usus. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit usus buntu, sebaiknya kurangi mengkonsumsi junk food.

9. Olahraga secara rutin

Manfaat yang dirasakan tubuh jika kita rutin berolahraga adalah badan yang menjadi sehat. Ketika kamu berolahraga, tubuh kamu akan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuhmu. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga atau kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang ringan, seperti membersihkan rumah.