Senin, 24 Juni 2019

10 Cara Ampuh & Cepat Untuk Mengobati Sariawan

 

Cara mengatasi sariawan

Apakah kamu lagi mengalami sariawan? Pasti sangat mengganggu kan? Makan, bicara, sampai senyum pun menjadi tidak enak.

Berikut ini Tutorialsaya.com menunjukkan beberapa obat sariawan alami yang dijamin ampuh.

1. Air Garam

Garam mempunyai sifat antiseptik, membersihkan, dan juga menenangkan. Ini membuat garam menjadi obat rumahan yang sudah banyak digunakan untuk mengatasi masalah mulut.

Berkumur dengan air garam yang hangat dapat membantu meredakan gejala sariawan.

2. Baking Soda

Selain bermanfaat untuk pengembang kue, baking soda ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan. Larutkan baking soda dengan air hangat sampai menjadi seperti krim. Lalu oleskan krim tersebut pada sariawan. Atau kamu juga bisa melarutkan baking soda menjadi obat kumur.

3. Yoghurt

Kandungan bakteri baik yang terdapat pada yoghurt probiotik dapat membantu mengobati sariawan secara alami. Tak hanya itu, yoghurt juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat di dalam mulut. Sebaiknya kamu memilih yoghurt tanpa pemanis, karena jamur penyebab sariawan akan tumbuh subur dengan adanya gula.

4. Gentian Violet

Gentian violet merupakan pewarna sintetis, berwarna violet, dan memiliki sifat antijamur. Ini adalah pengobatan rumahan yang telah umum digunakan untuk mengatasi sariawan. Kamu bisa mendapatkan gentian violet di apotek atau di online shop. Pemakaiannya cukup mudah,  oleskan gentian violet pada area sariawan dengan menggunakan kapas  2-3 kali sehari.

5. Jus Lemon

Jus lemon dipercaya mempunyai kemampuan antiseptik dan antijamur yang dapat digunakan untuk melawan jamur penyebab sariawan. Caranya cukup mudah, tambahkan air perasan lemon ke dalam 1 cangkir air hangat. Minum ramuan tersebut atau kamu juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur.

6. Temu Kunci

Salah satu bumbu dapur yang mempunyai aroma wangi ini ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi sariawan. Kamu hanya perlu menempelkan temu kunci pada area sariawan dan lakukan cara ini 2 sampai 3 kali sehari.

7. Madu

Bukan rahasia umum lagi jika madu dapat digunakan untuk mengatasi sariawan. Cukup oleskan saja madu pada area sariawan. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

8. Bubuk Kopi

Bubuk kopi bisa juga lho digunakan hntuj mengatasi sariawan. Cara pemakaiannya yaitu dengan membubuhkan bubuk kopi yang kering di area sariawan. Lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu bisa kamu bilas dengan cara berkumur dengan air bersih.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga mampu mengobati sariawan lho. Caranya yaitu dengan menambahkan 1 sdt cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam segelas air. Kemudian buatlah untuk berkumur setidaknya selama 15 detik.

10. Es batu

Supaya sariawan cepat sembuh, kamu bisa mengompresnya dengan menggunakan es batu yang telah dibungkus menggunakan kain lembut. Rasa dingin es batu bisa meringankan rasa nyeri dan tentunya juga menjadi obat sariawan alami. Apabila cara tersebut terlalu sulit, kamu juga bisa langsung menempelkan es batu pada area sariawan hingga es mencair sepenuhnya di mulut. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan pada anak.

Tidak ada komentar:
Write komentar