10 Cara Efektif Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot

Cara agar laptop tidak lemot

Masalah laptop lemot memang sering kita jumpai ketika melakukan beragam pekerjaan. Hal ini tentu sangat mengganggu. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa tips cara mengatasi laptop yang lemot yang akan membuat laptop kamu menjadi cepat kembali.

1. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Salah satu hal yang menjadi penyebab sebuah laptop yang telah berumur dibawah 3 tahun menjadi lemot yaitu karena terlalu banyak aplikasi yang telah terinstal, sampai-sampai Drive C pada laptop menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama ketika membaca sebuah hard disk. Hal ini juga yang akan menyebabkan pembacaan data yang terdapat dalam hard disk membutuhkan waktu yang cukup lama, hal itulah yang membuat laptop menjadi lemot.

Oleh karena itu, cara paling yang ampuh untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak perlu atau yang jarang kamu gunakan.

2. Bersihkan Desktop

Aplikasi yang banyak diletakkan di desktop juga adalah salah satu faktor yang menyebabkan laptop kamu menjadi lemot. Respons laptop akan menjadi sangat lama terhadap apa yang user kerjakan. Apabila kamu mempunyai laptop yang memiliki kapasitas memori cukup besar, maka hal ini mungkin saja tidak akan menjadi masalah.

3. Gunakan Aplikasi Seperlunya

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah penggunaan RAM yang berlebihan. Umumnya hal seperti ini terjadi pada saat user terlalu banyak membuka aplikasi dalam sekali running, misalnya bermain game sambil memutar musik. Hal ini pasti akan membuat laptop menjadi lemot. Oleh karena itu, rajinlah melakukan pembersihan RAM komputer dengan cara langsung menutup aplikasi atau kamu juga bisa menutup aplikasi yang berjalan dengan menggunakan task manager.

4. Remove Aplikasi di Startup

Startup adalah waktu dimana laptop mulai beroperasi. Biasanya pada saat melakukan startup, aplikasi yang akan berjalan merupakan aplikasi yang penting, misalnya antivirus. Sebaiknya kamu usahakan untuk tidak terlalu banyak memasukkan aplikasi ke dalam startup, karena hal ini akan membuat aplikasi tersebut "working in background", dan juga tentunya akan memakan kapasitas dari RAM.

5. Gunakan Aplikasi Sesuai Memory 

Kamu harusnya sudah mengetahui spesifikasi dari laptop yang kamu miliki. Dan kamu pun sebaiknya menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang kamu miliki. Jika kamu menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang terdapat pada laptop, maka kamu tidak perlu heran jika laptop kamu nantinya akan menjadi lemot, walaupun itu laptop baru.

6. Rajin Scanning Virus

Scanning virus juga adalah salah satu hal yang paling penting dalam hal merawat laptop agar tidak lemot. Kamu wajib melakukannya karena beberapa virus bisa menyebabkan memory RAM menjadi lebih sempit, sehingga membuat laptop kamu akan menjadi lebih lemot. Oleh sebab itu, penggunaan antivirus sangatlah penting suoaya dapat membantu kamu menjaga performa dari laptop yang kamu miliki.

7. Penambahan Kapasitas RAM

Cara yang sangat ampuh untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan melakukan penambahan kapasitas RAM. Kapasitas memory RAM yang lebih besar akan membuat proses reading oleh processor menjadi lebih baik. Hal ini tentu akan membantu meringankan kerja laptop, sehingga dapat mengurangi kinerja laptop yang lemot.

8. Bersihkan Bagian Dalam Laptop

Pembersihan bagian dalam laptop juga perlu kamu lakukan. Laptop yang telah kamu miliki selama bertahun-tahun bisa saja kemasukan cukup banyak debu dan juga materi halus lainnya, yang bisa membuat laptop kamu menjadi cepat panas dan akhirnya laptop kamu pun akan menjadi lemot. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan pembersihan bagian dalam laptop.

9. Menggunakan Thermal Paste

Thermal Paste adalah suatu pasta yang dioleskan pada processor, yang berguna untuk membantu mendinginkan processor dan juga menjaga suhu processor agar tidak cepat panas. Oleh sebab itu, penggunaan thermal paste cukup penting untuk mengatasi masalah laptop yang lemot.

10. Gunakan Netbook Cooler

Jangan pandang sebelah mata penggunaan netbook cooler. Penggunaan kipas tambahan ini mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk menjaga suhu laptop agar tetap stabil dan tidak terlalu panas. Suhu laptop yang telalu panas akan menyebabkan laptop kamu menjadi lemot.

Itulah beberapa cara yang ampuh agar laptop tidak lemot. Cara-cara di atas dapat kamu terapkan pada semua Windows, seperti Windows 7, Windows 8,  dan juga Windows 10.