Kamis, 16 Mei 2019

Cara Yang Benar Membersihkan Sepatu, Agar Tampil Seperti Baru Lagi

 

Cara yang benar membersihkan sepatu agar tidak mudah rusak

Sepatu merupakan salah satu hal terpenting dari sebuah penampilan. Sepatu bisa dijadikan sebagai penyempurna penampilan. Ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya ragam sepatu yang ada di dunia saat ini.

Meskipun sepatu digunakan untuk untuk menginjak tanah, tentu saja sepatu tidak bisa kamu biarkan kotor begitu saja. Tidak hanya akan menjadi sarang dari bakteri saja, namun juga dapat merusak sepatu itu sendiri. Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membersihkan sepatu dengan benar :

1. Sepatu olahraga perlu kamu sikat menggunakan air deterjen

Sepatu olahraga merupakan jenis sepatu yang sangat mudah kotor. Itu dikarenakan sepatu jenis ini memang banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan outdoor. So, tidak heran jika banyak sekali lumpur, pasir, dan tanah yang menempel di sepatu olahraga.

Untuk membersihkannya, cukup mudah. Berikut cara membersihkan sepatu olahraga:


  • Pertama, lepas terlebih dahulu tali sepatunya. Lalu rendam tali sepatu di dalam larutan deterjen selama kurang lebih 10 menit.
  • Selanjutnya, kamu harus menyiapkan sikat gigi & deterjen bubuk. Larutkan deterjen bubuknya dengan air. Oh iya,  larutan yang satu ini berbeda dengan larutan yang digunakan untuk tali sepatu tadi.
  • Kemudian sikat seluruh bagian sepatu secara merata menggunakan sikat gigi saja, tanpa menggunakan deterjen. 
  • Setelah noda di sepatu terlihat mulai memudar, sikat gigi bisa kamu celupkan ke dalam larutan deterjen, kemudian sikat kembali bagian yang kotor hingga nodanya menghilang.
  • Kucek-kucek tali sepatu yang sudah kamu rendam tadi secara perlahan hingga nodanya menghilang. Kemudian angkat.
  • Bilas sepatu & talinya dengan menggunakan air hingga busanya menghilang.
  • Untuk menjemurnya, kamu perlu mengeluarkan bagian lidah sepatu dan memasukkan segumpal kertas koran bekas ke dalamnya. Jemur hingga kering.
  • Sebaiknya kamu tidak menjemur sepatu pada sinar matahari langsung ya. Cukup jemur sepatu di tempat yan sejuk saja.


2. Untuk membersihkan sepatu kulit, kamu harus menggunakan spons atau sikat halus

Sepatu kulit akan cepat rusak jika dibiarkan kotor begitu saja. Sayang bukan? Karena harga sepatu kulit memang lumayan mahal.

Mencuci sepatu kulit itu sebenarnya sangat mudah. Pada bagian sapatu yang kotor, kamu hanya perlu membersihkannya menggunakan spons atau sikat yang lembut. Sikat berlawanan arah dengan arah permukaan kulit sepatu. Kali ini kamu tidak perlu menggunakan deterjen. Kemudian kamu lap dengan menggunakan kain yang halus. Lalu letakkan sepatu di tempat yang sejuk agar terkena angin segar dan tidak lembab.

Apabila kotorannya cukup membandel, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan spons atau kain halus yang sudah kamu celupkan ke larutan air deterjen yang memiliki busa banyak. Gunakan busa tersebut untuk membersihkan noda yang membandel. Setelah itu, bersihkan busa tersebut menggunakan lap basah secara perlahan. Jemur di tempat yang sejuk agar terkena angin segar.

3. Kamu bisa membersihkan sepatu berbahan suede menggunakan suede brush dan penghapus karet

Untuk sepatu dengan bahan satu ini, sebaiknya jangan sampai terkena air. Namun jika terlanjur kehujanan, segera keringkan dengan menggunakan tisu.  Setelah itu jemur di tempat yang sejuk agar terkena angin.

Untuk membersihkan sepatu berbahan suede, sebaiknya kamu menggunakan sikat khusus bahan suede. Kamu bisa mendapatkan sikat ini di berbagai toko sepatu. Atau jika terpaksa kamu bisa menggantinya menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Sikat dengan perlahan dan searah, kamu bisa menambahkan deterjen hanya bila nodanya benar-benar membandel. Setelah disikat, kamu bisa menyempurnakan kebersihannya menggunakan penghapus karet.

4. Membersihkan sepatu kanvas, kamu bisa menyikatnya dengan lebih bertenaga

Cara membersihkan sepatu kanvas ini sebenarnya mirip dengan cara membersihkan sepatu olahraga. Kamu bisa membersihkan bagian yang kotor menggunakan sikat gigi dan larutan air deterjen. Kamu juga bisa mengganti deterjen ini dengan baking soda, agar warna tidak mudah pudar. Setelah bersih, bilas dengan menggunakan air bersih dan tidak perlu direndam. Lalu masukkan gumpalan kertas koran ke dalam sepatu dan jemur di tempat yang sejuk.

5. Cucilah sol sepatu dengan sikat berbulu halus supaya warnanya tetap cerah

Bagian sol sepatu apabila tidak dibersihkan bisa-bisa warnanya menjadi menguning dan membuat tampilan sepatumu menjadi kuramg menarik.

Membersihkan sol sepatu tidak sulit kok. Kamu hanya perlu menyikat bagian yang kotor menggunakan sikat berbulu halus dan larutan air deterjen. Sikat secara perlahan agar lem dari sol sepatu tidak cepat rusak. Setelah bersih, kamu lap dengan menggunakan kain basah.

Sepatu yang kotor pasti bisa merusak penampilanmu, apalagi sepati yang berwarna putih. So, dengan cara-cara di atas kamu bisa membuat sepatumu menjadi seperti baru lagi.

Tidak ada komentar:
Write komentar