Senin, 06 Mei 2019

Cara Memilih Alpukat Yang Bagus dan Enak, Ternyata Mudah !

 

Cara memilih alpukat mentega yang bagus

Alpukat memiliki rasa yang lezat dan itulah yang membuatnya banyak dicari. Tetapi, untuk memilih alpukat yang bagus dan matang memang tidak gampang, karena buah ini cukup susah susah ditebak. Apabila kamu salah pilih, bisa-bisa kamu mendapat daging buah yang jelek atau yang masih keras dan juga terasa pahit di lidah. Agar tidak sampai salah pilih, berikut saya jelaskan bagaimana cara memilih alpukat yang bagus dan siap untuk disantap :

1. Hindari kulit buah yang berwarna hijau cerah

Alpukat adalah buah yang tidak bisa masak di pohon, sehingga itu membuat buah ini dipetik dari pohon dan harus disimpan sampai matang. Pada saat dipetik dari pohon, buah alpukat memiliki kupit yang mulus dan berwarna hijau cerah. Oleh sebab itu, hindari memilih buah yang berwarna hijau cerah, karena buah tersebut pasti belum matang. Sebaiknya kamu memilih alpukat yang memiliki kulit berwarna hijau gelap dan mulus tidak ada lubang-lubang kecil. Kemungkinan buah tersebut sudah matang dan memiliki daging yang bagus.

2. Tekstur buah

Salah satu tanda buah alpukat yang telah matang adalah tekstur buah yang tidak keras alias empuk. Pada saat kamu ingin memilih alpukat matang dan dagingnya bagus, coba untuk menekan daging buahnya. Jika sudah empuk artinya alpukat tersebut sudah matang. Sebaiknya kamu menekan beberapa bagian alpukat agar memastikan bahwa buah ini telah benar-benar matang. Dan biasanya, ada beberapa buah alpukat yang memiliki tekstur yang empuk namun sebenarnya tidak karena sudah matang, melainkan karena adanya memar atau bagian buah alpukat yang busuk. Oleh karena itulah kamu harus menekan buah alpukat di semua sisinya.

3. Biji buah

Ini merupakan cara tradisional yang biasanya digunakan untuk memilih alpukat yang sudah matang. Biji buah alpukat yang sudah matang akan terlepas dan tidak menempel dengan daging buahnya. Cara mengetahui apakah alpukat tersebut sudah matang atau belum yaitu dengan cara menggoyang atau mengocok buahnya, apabila biji buah tidak menempel dengan dagingngya, pasti akan terdengar bunyi biji dari alpukat tersebut.

5. Bagian bawah buah

Pada saat memilih alpukat mentega yang bagus, sebaiknya perhatikan bagian bawah, tempat tumbuhnya bagian batang dari alpukat. Apabila masih terdapat sedikit sisa batang buah, cabut saja dan perhatikan bagian dalamnya. Apabila berwarna hijau, itu artinya alpukat sudah matang. Tetapi jika berwarna cokelat, buah alpukat tersebut terlalu matang dan pasti cepat membusuk. Dan jika batangnya susah untuk dicabut, itu artinya buah alpukat tersebut masih mentah.

Tidak ada komentar:
Write komentar