6 Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Palsu Agar Tidak Tertipu

Cara membedakan emas asli dan emas palsu

Sejak zaman dahulu hingga sekarang emas memang dipandang sebagai logam mulia. Mempunyai tampilan yang indah dan juga nilai jualnya yang tinggi menjadikan emas banyak diburu orang. Dan itu juga yang membuat semakin banyaknya oknum-oknum nakal yang memalsukan emas demi memperoleh keuntungan.

Berikut ini cara yang mudah untuk membedakan antara emas asli atau emas palsu :

1. Identifikasi warna

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memperhatikan warnanya. Kamu bisa menggosokkan jari kamu pada bagian emas. Apabila warna emas tidak mengalami perubahan, itu berarti emas tersebut adalah emas asli. Dan apabila warna emas tersebut mengalami perubahan, maka itu adalah emas yang palsu.

2. Digigit

Cara selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dengan cara menggigit emas tersebut. Apabila emas tersebut terasa lebih lunak atau lembek, itu berarti emas tersebut adalah emas asli.

3. Gunakan magnet

Magnet ternyata bisa dijadikan sebagai alat pengukur emas asli atau emas palsu.

Caranya adalah dengan mendekatkan magnet dan emas. Apabila hasilnya tidak menempel, maka itu dapat dipastikan jika emas tersebut adalah emas palsu.

4. Uji dengan keramik atau kertas

Cara mengetahui emas asli dan emas palsu selanjutnya adalah dengan menggunakan kertas atau keramik. Apabila emas digoreskan pada keramik atau kertas dan meninggalkan warna hitam, itu berarti emas tersebut adalah emas palsu. Emas yang asli tidak akan meninggalkan bekas goresan berwarna hitam.

5. Gunakan Nitric Acid

Asam nitrat ternyata dapat juga digunakan untuk mengukur emas apakah asli atau palsu .

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu meneteskan asam nitrat pada emas. Bila tidak terjadi perubahan warna pada emas, maka bisa dipastikan emas tersebut adalah emas asli.

Ketika kamu melakukan pengukuran kadar emas menggunakan Nitric Acid, sebaiknya kamu didampingi oleh orang yang ahli. Karena cara ini dapat berujung kepada kerusakan emas dan tentunya kamu akan rugi.

6. Gunakan alat pengukur emas

Saat ini sudah terdapat alat khusus yang memang digunakan untuk mengukur & menentukan emas yang asli atau palsu.

Alat ini harganya cukup mahal, namun di kebanyakan toko-toko emas alat ini sudah tersedia. Jadi cara termudah untuk membedakan emas yang asli atau palsu adalah dengan datang langsung ke toko emas.

Nah! Mudahkan, cara mengetahui emas asli dan emas palsu. Semoga bermanfaat.