Cara Mudah, Cepat, & Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami


Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang sering membuat kita menjadi kurang percaya diri. Ketombe dapat muncul karena jamur yang tumbuh akibat dari kurangnya kita dalam menjaga kebersihan & kesehatan kulit kepala. Jika kamu sudah berusaha menghilangkan ketombe dengan menggunakan sampo anti ketombe tetapi belum berhasil, kamu perlu mencoba cara ampuh menghilangkan ketombe secara alami di bawah ini.

1. Menghilangkan Ketombe Menggunakan Air Cuka


Campurkan sekitar 1/2 cangkir air hangat & 1/2 cangkir cuka putih, kemudian oleskan ke rambut yang sudah kamu basahi secara merata. Berikan pijatan lembut pada bagian kulit kepala yang berketombe. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilaslah dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Cara ini bisa kamu lakukan 1 atau 2 minggu sekali, itu tergantung dari seberapa parah kondisi ketombe yang kamu miliki.

2. Menghilangkan Ketombe Menggunakan Minyak Zaitun


Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya untuk menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitu sambil memijat area-area yang berketombe dengan lembut, lalu membiarkannya selama sekitar 10 jam, tidak lebih. Debaiknya kamu mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur dan membilasnya di keesokan harinya.

3. Menghilangkan Ketombe Menggunakan Minyak Kelapa & Jus Lemon/Jeruk Nipis


Lemon diyakini mempunyai kandungan antijamur yang dapat membantu menghilangkan jamur-jamur penyebab ketombe. Caranya, tuangkan campuran lemon dan minyak kelapa tersebut pada kulit kepala, kemudian pijatlah secara lembut hingga merata. Melakukan cara ini secara teratur tentu dapat membantu mempercepat hilangnya ketombe.

4. Menghilangkan Ketombe Menggunakan Lidah Buaya


Bukan rahasia umum lagi jika lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat bagi rambut, selain untuk menyuburkan rambut, ternyata lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, lho. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengambil gel dari lidah buaya, lalu gosokkan gel tersebut langsung mengenai kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan rambut kamu dengan menggunakan sampo. Aroma sejuk yang dimiliki oleh lidah buaya mampu menenangkan sel-sel saraf di kulit kepala dan juga mampu membasmi jamur penyebab ketombe.

5. Menghilangkan Ketombe Menggunakan Garam


Garam mempunyai kandungan asam yang sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan bakteri dan juga jamur mati. Begitu juga jamur penyebab ketombe yang ada di kulit kepala. Caranya yaitu, kamu ambil 3 sendok makan garam, kemudian taburkan garam tersebut di kulit kepala dan pijat-pijat secara lembut. Bila dirasa sudah cukup, segera cuci rambut dengan menggunakan shampo seperti biasa.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi ketombe yang membandel secara alami dan permanen. Semoga bermanfaat.