Sabtu, 04 Mei 2019

Cara Paling Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

 

Cara mudah mengatasi hidung tersumbat

Kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat, mungkin akan segera meminum obat. Tetapi terlalu sering meminum obat juga tidak baik bagi tubuh. Selain cara mengobati hidung tersumbat dengan meminum obat, ternyata terdapat cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat yang lebih mudah baik bagi kamu sendiri, bagi anak, maupun bagi bayi. Berikut ulasannya:

1. Minum minuman hangat

Cara pertama mengatasi hidung terumbat adalah dengan minum minuman yang hangat. Minuman hangat dapat membuat lendir pada hidung yang mengendap menjadi lebih encer, sehingga cairan dapat keluar dengan mudah. Tak hanya air putih hangat saja yang bisa kamu minum, namun kamu juga bisa meminum teh hangat, jahe hangat, ataupun mint tea hangat yang mengandung dekongestan dan antiseptik alami yang dapat memudahkan pernapasan.

2. Menghirup uap air hangat

Menghirup uap bisa membuat hidung tersumbat menjadi lega karena uap air yang kita hirup akan membantu lendir yang mengendap pada hidung menjadi cair. Caranya yaitu, masak air sampai mendidih. Kemudian hirup uapnya. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih agar lebih efektif.

4. Mengompres hidung dengan air hangat

Kamu siapkan handuk atau sapu tangan, lalu celupkan pada air hangat dan peras. Letakkan handuk kecil tersebut pada hidung.

Mengobati hidung tersumbat dengan cara ini aman untuk dilakukan pada bayi/anak.

5. Membuang ingus (cairan hidung)

Baik kamu atapun anak/bayi kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat, segeralah untuk mengeluarkan ingus yang ada di dalam hidung. Apabila kamu hendak melakukannya, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak & bayi adalah dengan membuang ingus mereka menggunakan aspirator (alat penghisap ingus) yang bisa kamu beli di apotek.

6. Menghangatkan badan

Menghangatkan badan juga dapat mengatasi hidung tersumbat lho. Kamu bisa mematikan AC atau kipas angin yang ada di kamarmu. Lalu selimuti badan kamu atau anak dan bayi kamu. Kamu juga bisa bisa mandi menggunakan air hangat.

7. Mengonsumsi bawang putih

Cara mengobati hidung tersumbat secara alami tanpa meminum obat adalah dengan memakan bawang putih secara langsung. Bawang putih dapat berperan sebagai agen anti-bakteri yang berguna untuk memberantas bakteri penyebab hidung tersumbat.

8. Mengkonsumsi makanan pedas

Cara yang satu ini adalah cara yang mengatasi hidung tersumbat yang paling mudah dan juga menyenangkan bagi kamu pecinta makanan pedas. Rasa pedas akan membuat lendir mengalir  keluar dengan sendirinya ketika kamu mengalami kepedasan.

9. Tidur dengan bantal tambahan

Cara ini adalah yang paling mudah, yaitu dengan tidur menggunakan bantal tambahan di kepala kamu. Hal ini akan menjaga kepala kamu tetap miring sehingga akan membantu pernapasan ketika kamu tidur.

10. Memijat hidung dengan ringan

Memijat bagian atas hidung juga bisa membuat hidung kamu yang tersumbat menjadi lega. Cukup dengan memijat ringan bagian atas hidung kamu dengan gerakan memutar sampai hidung kamu terasa lega.

11. Semprotan saline

Larutan saline yang disemprotkan pada hidung kamu akan membantu meredakan hidung kamu yang tersumbat. Semprotan saline bisa kamu beli di apotek sekitar rumahmu.

Tidak ada komentar:
Write komentar