Rabu, 29 Mei 2019

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar Agar Perusahaan Tertarik

 

Tips membuat surat lamaran kerja yang benar dan mudah diterima perusahaan

Surat lamaran kerja adalah hal utama yang menentukan apakah kamu bisa diterima kerja atau tidak ketika melamar pekerjaan. Sebagai jobseeker, wajib hukumnya bagi kamu untuk mempromosikan diri supaya perusahaan tertarik untuk merekrut kamu.

Sebagai seorang freshgraduate yang baru akan memasuki dunia kerja, ternyata masih banyak yang bingung tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Masih banyak orang yang menulis surat lamaran kerja dengan kalimat yang berbelit-belit sehingga membuat staf HRD bosan. Apabila seperti itu, maka kesempatanmu untuk masuk ke perusahaan impian bisa hilang seketika.

Pastinya kamu tak ingin hal seperti itu terjadi kan? Berikut ini, Tutorialsaya.com menjelaskan cara mudah membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.


1.  Menulis Nama Serta Alamat Surat Yang Akan Dituju

Kamu harus menuliskan nama dan juga alamat lengkap perusahaan surat yang akan kamu tuju. Jangan lupa juga kamu tulis tanggal pembuatan surat lamaran kerjamu. Letak tanggal pembutaan surat biasanya berada di pojok kanan atas.
Apabila kamu tidak mengetahui siapa nama HRD dari sebuah perusahaan, cukup   kosongkan saja, kamu bisa menuliskannya dengan  Yth. Bapak/Ibu.
Contoh :
                                                                                Surabaya, 30 Mei 2019
Kepada                       
Yth. Bapak/ Ibu
HRD  PT. Maju Mundur
Jl. Pahlawan No. 12, Surabaya

2.  Salam Hormat Dan  Pembukaan

Di dalam kata pengantar atau pembukaan pada surat lamaran kerja, harus kamu cantumkan dari mana kamu memperoleh informasi tentang lowongan kerja perusahaan yang sedang kamu tuju. Baik itu dari internet, surat kabar, ataupun dari teman kamu. Lalu, sebutkan juga posisi jabatan pekerjaan yang kamu inginkan dalam perusahaan.

Contoh :

Dengan hormat,
Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui situs Jobview, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati
bagian Chief Marketing Officer di PT. Maju Mundur.

3. Biodata Pribadi

Jangan lupa untuk menuliskan nama lengkap, alamat lengkap, tempat & tanggal lahir, nomor telepon, dan juga e-mail. Apabila kamu mau menulis latar belakang pendidikan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi yang kamu miliki.

Contoh :

Nama : Siti Maimunah
Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 15 Oktober 1996
Email : Maimunahs@gmail.com
Telepon : 081363789900

4.  Pengalaman Kerja Dan Kemampuan Yang Kamu Miliki

Apabila kamu belum mempunyai pengalaman kerja, kamu dapat menuliskan pengalaman magang bila kamu pernah magang di sebuah perusahaan. Kamu juga dapat menuliskan organisasi apa saja yang pernah yang kamu ikuti yang sekiranya dapat menunjang kamu dengan posisi yang kamu inginkan.

Kamu juga harus menuliskan kemampuan yang kamu miliki yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan yang kamu lamar. Tulislah dalam bentuk kalimat yang singkat, padat dan jelas.
Pada akhir kalimat tuliskan jika kamu memiliki keinginan yang sangat kuat supaya diterima di perusahaan tersebut.

Contoh :

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang cukup tinggi, serta mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Informatika yang menjabat sebagai di Ketua. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan kemampuan dan juga pengalaman saya. Saya yakin bahwa saya bisa menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

5.  Penutup

Kamu harus membuat sebuah kalimat penutup yang manis untuk surat lamaran kerja kamu. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terimakasih.

Contoh :

Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

6.  Lampiran Surat Lamaran Kerja

Supaya perusahaan yang kamu inginkan semakin tertarik untuk menerima kamu, lampirkan juga hal-hal yang bisa menjadi nilai tambah bagi kamu. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang meminta kamu untuk melampirkan hal lain, misalnya transkrip nilai, surat kesehatan, dan lain-lain.

Kamu juga harus mencermati syarat apa saja yang harus kamu penuhi ketika kamu akan melamar pekerjaan.

Beberapa hal yang sebaiknya ada di lampiran yaitu :
  • Pas foto (foto terbaru)
  • Daftar riwayat hidup / CV
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus / pelatihan yang pernah kamu ikuti)
  • Portofolio


7. Hormat Saya, (Tanda Tangan Dan Nama Lengkap Kamu)

Letak dari tanda tangan dan nama lengkap berada di bawah pojok kanan surat.

Contoh :

Hormat saya,
(Tanda tangan)
Siti Maimunah


Itulah cara membuat surat lamaran kerja bagi kamu seorang freshgraduate. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar