Sabtu, 04 Mei 2019

Cara Paling Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami

 

Mengobati sakit gigi pada anak ataupun orang dewasa

Sakit gigi merupakan hak yang paling menyebalkan dan hal itu dapat mengganggu aktifitas kita. Biasanya sakit gigi muncul karena gigi yang telah berlubang. Namun jangan khawatir, beberapa cara mengobati sakit gigi yang akan saya jelaskan di bawah ini mungkin dapat kamu jadikan sebagai pertolongan pertama sebelum kamu pergi ke dokter. Berikut ini bagaimana cara mudah untuk mengobati sakit gigi :

1. Kompres Pakai Es Batu

Biasanya sakit gigi disertai dengan pipi yang membengkak. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengompres pipi yang bengkak menggunakam es batu. Cara mengobati sakit gigi menggunakan es batu ini termasuk yang paling mudah, yaitu dengan membungkus beberapa es batu ke dalam sebuah handuk atau kain kecil. Kemudian tempelkan handuk tersebut pada bagian pipi yang mengalami pembengkakan. Lakukan hal itu selama kurang lebih 5-20 menit. Agar lebih optimal, lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam sehari atau sampai pembengkakan di pipi kamu mereda.

2. Kumur dengan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam adalah cara mengobati sakit gigi yang sangat populer. Air garam sari zaman dahulu telah terbukti dapat membantu mengatasi peradangan dan juga rasa sakit di gusi dan gigi. Sebelum berkumur menggunakan air garam, sebaiknya kamu melakukan flossing gigi terlebih dahulu yang berguna untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi kamu. Lalu siapkan 1 atau 2 sendok makan garam dapur, kemudian larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakanlah larutan tersebut untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Perlu kamu ingat jika air larutan garam ini tidak untuk dikonsumsi/ditelan.

3. Kunyah Bawang Putih

Bawang putih ternyata salah satu remoah yang cukup ampung digunakan untuk mengobati sakit gigi. Hal itu dikarenakan bawang putih yang bersifat sebagai antiseptik dan juga antibiotik alami yang bisa membantu melawan infeksi. Bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengatasi rasa nyeri di gigi kamu. Caranya yaitu, siapkan 1 siung bawang putih yang telah dibersihkan. Kupas dan potong menjadi 2 bagian. Lalu, letakkan potongan bawang putih tersebut di bagian gigi yang sakit. Kamu juga dapat mengunyah bawang putih tersebut selama beberapa menit.

4. Daun Jambu Biji

Penelitian menyebutkan jika daun jambu biji mempunyai sifat anti radang yang bisa membantu menyembuhkan luka. Tapi tak hanya itu saja, daun jambu biji juga mempunyai sifat antimikroba yang bisa membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut kamu. Cara mengobati sakit gigi dengan daun jambu biji cukup mudah. Kamu bisa mengunyah daun jambu biji yang telah kamu bersihkan secara langsung.

5. Cengkih

Minyak cengkih telah terbukti sangat efektif digunakan untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Hal itu dikarenakan kandungan senyawa eugenol yang dimiliki cengkih dapat berperan sebagai antiseptik alami. Ada 2 cara mengobati sakit gigi menggunakan minyak cengkih yang dapat kamu lakukan. Pertama, dengan mencampurkan 1 tetes minyak cengkih ke dalam 1 gelas air hangat,. Kamu bisa menggunakannya untuk berkumur. Kedua, kamu bisa menggigit kapas yang telah kamu beri minyak cengkih ke bagian gigi yang sakit. Lakukan cara tersebut beberapa kali per hari.

Tidak ada komentar:
Write komentar