Kamis, 02 Mei 2019

Cara Yang Tepat Mengatasi Rasa Nyeri Ketika Haid Secara Alami

 


Jika kamu termasuk wanita pekerja yang selalu mengalami rasa nyeri yang luar biasa ketika hari pertama haid, mulai sekarang kamu jangan khawatir. Karena kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara yang benar untuk mengurangi rasa nyeri pada perut pada saat hari pertama haid, berikut ulasannya:

1. Kompres Air Hangat

Dengan mengompres perut pada bagian bawah menggunakan air hangat dapat membuat otot pada sekitar abdomen menjadi lebih relaks, sehingga hal itu dapat mengurangai atau bahkan menghilangkan rasa nyeri yang muncul ketika haid. Cara mengompres ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan botol atau handuk.

Jika kamu menggunakan handuk, tentu kamu harus membasahi terlebih dahulu handuk dengan air hangat, lalu peras handuk tersebut dan tempelkan pada perut bagian bawah. Sementara apabila kamu menggunakan botol, akan lebih praktis lagi. Yaitu dengan mengisi botol menggunakan air hangat, lalu tempelkan botol tersebut pada perut bagian bawah.

2. Minum Air Hangat

Ketika kamu sedang haid, tubuhmu akan mengeluarkan lebih banyak cairan daripada biasanya sehingga kamu harus menyeimbangkannya dengan lebih banyak mengkonsumsi air putih. Untuk memberikan rasa yang nyaman mengkonsumsi air hangat.

3. Jaga Pola Makan Teratur

Beberapa wanita yang sedang mengalami haid, pasti sering mengalami hilangnya nafsu makan. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan dan justru dapat menyebabkan  timbulnya penyakit lain.

Kamu harus tetap mengatur pola makan dengan baik. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengonsumsi sedikit makanan namun dalam frekuensi yang relatif sering. Hal ini dapat menjaga keseimbangan kerja organ tubuh kamu, sehingga rasa nyeri ketika haid akan berkurang atau justru malah menghilang.

4. Konsumsi Asupan Bergizi

Hal yang sering terjadi pada kebanyakan wanita ketika haid yaitu tidak memperhatikan asupan makanan atau minuman yang dikonsumsinya. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan, yang ada malah akan memperburuk kondisi kesehatan.

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, banyak mengandung MSG dan juga banyak mengandung bahan pengawet lainnya. Lebih baik kamu mengkonsumsi makanan yang dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri, seperti brokoli, bayam, nanas, pisang, ikan salmon, dan juga dark chocolate.

Untuk minuman, kamu wajib menghindari minuman yang mengandung alkohol, soda, dan juga kopi. Minuman sehat yang seharusnya kamu konsumsi untuk mengurangi rasa nyeri yaitu yogurt, susu, wedang jahe, teh herbal, dan leom hangat.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Rasa nyeri yang dirasakan memang bisa membuat seseorang malas untuk bergerak. Namun. Namun sebaiknya kamu melakukan olahraga ringan yang berguna untuk memperlancar peredaran darah. Lakukanlah gerakan-gerakan kecil peregangan tubuh. Dengan kamu melakukan olahraga ringan, rasa nyeri pada perut saat haid akan menghilang secara perlahan.

6. Minum Jamu Kunyit Asam

Orang tua zaman dahulu sangat percaya dengan obat herbal yang mempunyai kualitas sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya dengan mengkonsumsi minuman jamu kunyit asem yang telah terbukti mampu meredakan nyeri ketika haid.

Kamu bisa membuat jamu kunyit asem sendiri di rumah. Caranya yaitu, siapkan 20 g kunyit, 15-30 g daun dewa, dan 600 cc air. Lalu rebus bahan-bahan tersebut secara bersamaan. Tunggu sampai air menjadi setengah. Apabila sudah, saring ramuan tersebut. Sebaiknya kamu meminum jamu kunyit asem ini ketika masih dalam kondisi hangat secara teratur, minimal 2 kali per hari.

7. Konsumsi Obat Pereda Nyeri/Periksakan Lanjut ke Dokter

Apabila kamu sudah tidak kuat lagi menahan rasa nyeri ketika haid, mengkonsumsi obat pereda nyeri merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jangan sembarangan membeli obat tersebut. Lebih baik kamu berkonsultasi ke dokter lebih dahulu agar kamu bisa mendapatkan obat pereda rasa nyeri yang terbaik sesuai dengan anjuran dokter.









--------------
Keywords: rasa nyeri saat haid disebut,rasa nyeri saat haid tts,rasa nyeri saat haid sinonim,rasa nyeri saat haid namanya,rasa nyeri saat haid disebut juga,rasa nyeri saat haid dinamakan,rasa sakit saat haid,rasa sakit saat haid setara dengan,rasa sakit saat haid tts,menghilangkan rasa nyeri haid,mengurangi rasa nyeri haid,menghilangkan rasa nyeri haid secara alami,mengatasi rasa sakit haid,mengatasi rasa nyeri saat haid,cara mengatasi rasa nyeri haid,mengatasi rasa nyeri waktu haid,menghilangkan rasa nyeri menstruasi,mengurangi rasa nyeri menstruasi,menghilangkan rasa nyeri haid secara alami,mengurangi rasa nyeri haid,menghilangkan rasa sakit haid pertama,menghilangkan rasa nyeri menstruasi,obat menghilangkan rasa nyeri haid,cara menghilangkan rasa nyeri haid secara alami,cara menghilangkan rasa nyeri haid hari pertama,menghilangkan rasa nyeri saat haid secara alami,cara menghilangkan rasa nyeri haid dengan cepat

Tidak ada komentar:
Write komentar