Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung, Pasti Sembuh!

Cara mengatasi perut kembung

Perut kembung merupakan kondisi yang sangat mengganggu, dimana perut kita terasa penuh, kencang, dan bergas. Tak hanya itu, akibat perut kembung terkadang kamu juga akan susah untuk BAB (buang air besar). Penyebab dari perut kembung bisa beraneka ragam, mulai dari faktor makanan, sembelit, sampai bisa disebabkan oleh penyakit, misalnya masuk angin, maag & asam lambung.

Dan apabila kamu sering mengalami perut kembung dan mual, berikut ini saya akan menjelaskan beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut kembung.

1. Konsumsi makanan yang tinggi potasium

Kembung bisa terjadi pada saat perut mengalami kelebihan gas ataupun cairan. Makanan seperti pisang, mangga, blewah, tomat, bayam, dan kacang yang mengandung potasium dapat membantu mengatur keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Makanan-makanan tersebut akan berperan sebagai diuretik di dalam tubuh yang bisa membuang kelebihan cairan dalam sistem pencernaan.

2. Menambahkan irisan lemon

Lemon memang bisa memberikan rasa yang menyegarkan apabila dijadikan sebuah minuman. Tidak hanya itu, ternyata lemon juga dapat membantu menstimulasi saluran pencernaan. Pada saat pencernaan kuat, penguraian makanan dalam tubuh akan menjadi lebih baik, penyerapan nutrisi menjadi lebih banyak, dan juga dapat mencegah dari yang namanya perut kembung.

3. Hindari makanan atau minuman berpemanis buatan

Bagi beberapa orang, makanan yang manis seperti permen karet ternyata dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini dapat terjadi karena permen tersebut mengandung pemanis buatan sejenis sorbitol yang sulit dicerna oleh tubuh mereka. Akibatnya, perut akan dipenuhi oleh banyak gas yang dapat menyebabkan kembung. Apabila kamu pernah mengalami hal semacam ini, sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan.

4. Berjalan kaki selama 15-20 menit

Lawan perut kembung dengan berjalan kaki setidaknya selama kurang lebih 15 sampai 20 menit setiap hari. Hal ini bertujuan agar menjaga makanan tetap bergerak melalui saluran pencernaan. Dengan berjalan kaki, kamu juga akan berkeringat dan hal ini dapat membantu mengurangi kelebihan cairan yang menjadi penyebab utama dari perut kembung.

5. Minum secangkir teh peppermint

Minum secangkir teh pepperment ternyata sangat ampuh untuk mengatasi perut kembung dengan cepat. Peppermint dapat membantu mengurangi & mengendurkan otot-otot pencernaan.

6. Memijat area perut

Hasil penelitian yang mengungkapkan jika memijat perut ke arah saluran pencernaan bisa mengatasi perut kembung. Kamu busa melakukannya dengan menekan jari-jari di dekat pinggul kanan, kemudian geser ke arah tulang rusuk, melintang & menurun ke area usus besar.

7. Konsumsi makanan / minuman yang mengandung bakteri baik

Bakteri baik bisa kamu temukan dalam produk susu seperti yoghurt dan juga minuman probiotik. Hasil studi menunjukkan jika minuman yang mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus bisa mengatasi perut kembung.