Kamis, 16 Mei 2019

15 Strategi Mematikan Dalam Permainan Catur

 

Cara Bermain Catur

Permainan catur adalah sebuah olahraga pikiran. Catur tetap banyak diminati walaupun tak kelihatan berkeringat seperti pada saat melakukan jenis olahraga yang lainnya. Dalam permainan catur, teliti dan mampu menyusun strategi yang matang merupakan kunci dari kemenangan.

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa strategi dalam bermain catur agar kamu bisa menang dengan mudah :

1. Melihat Waktu
Dalam permainan catur, memerhatikan waktu yang kamu miliki adalah hal yang sangat penting. Jika dalam 1 permainan mempunyai durasi 90 menit dalam 30 langkah, itu berarti kamu harus menyiapkan 1 langkah maksimal dalam 3 menit karena alokasi waktunya yaitu 90/30. Artinya kamu memiliko waktu 3 menit per langkah.

2. Melakukan Pemetaan
Sebelum kamu melangkahkan pion, sebaiknya kamu melakukan pemetaan atau biasa disebut mapping. Tujuannya adalah untuk menentukan wilayah mana yang akan diserang oleh prajurit biasa. Disini pion kuda bertugas untuk mengelabui lawan dan benteng bertugas untuk menjaga raja, sementara itu perdana menteri bisa menekan lawan.

3. Langkah Elegan
Kamu bisa menjalankan 1 pion namun dengan 2 langkah di awal permainan. Alternatifnya, bisa juga kamu menjalankan 2 pion yang berada pada sisi kiri dan kanan masing-masing mengambil 1 langkah saja.

4. Melangkahkan Kuda sebelum Gajah
Ketika pada awal permainan, lebih baik untuk menjalankan kuda terlebuh dahulu dan kemudian baru menjalankan gajah. Kuda bisa melangkah secara zigzag, dan hal itu bisa lebih mudah untuk mengacaukan pertahanan lawan.

5. Melangkahkan Gajah sebelum Benteng
Lalu strategi yang selanjutnya yaitu menjalankan gajah terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan menjalankan benteng.

6. Pejabat Menjaga Pion
Pejabat seperti kuda, benteng, dan gajah dapat dijadikan sebagai penjaga pion dan hal ini cukup penting. Strategi ini sangat  diperlukan agar pihak lawan tidak mempunyai kesempatan untuk memakan pion kita. Strategi seperti ini juga dapat menjadi penyelamat sekaligus jurus pamungkas khususnya pada saat permainan sudah memasuki babak-babak akhir.

7. Merelakan Tentara jika Terdesak
Dalam permainan catur, jngan takut untuk merelakan tentara kamu dimakan lawan. Tak masalah jika memang posisi kamu sedang terdesak. Merelakan salah satu tentara adalah strategi yang bagus, sebab dengan cara ini kamu biasanya justru malah bisa memperoleh tentara dari lawan yang jabatannya lebih tinggi. Biasanya itu terjadi ketika lawan kamu sedang lengah/tidak teliti.

8. Mempersempit Gerakan Lawan
Jangan pernah membiarkan lawan kamu terlalu memgegang kendali permainan. Ketika lawan kamu bergerak dengan leluasa, dia bisa menembus pertahanan kamu kapan pun tanpa diduga. Oleh karena itu, perhatikan setiap pergerakan dari lawan dan kamu perkirakan arahnya, sehingga kamu bisa memotongnya serangannya.

9. Memenjarkan Prajurit secara Terpola
Ketika kamu akan memenjarkan prajurit, kamu harus melakukannya secara matang dan juga dengan pola yang tepat, artinya harus sesuai dengan masing-masing peran. Trik ini dilakukan agar kamu terhindar dari kekalahan.

10. Tenang, Rileks & Fokus
Agar kamu bisa memenangkan permainan, kamu perlu tenang dan rileks, namun tetap harus fokus pada permainan jangan sampai lengah. Itulah kunci kemenangan dari pertandingan catur.

11. 2 Lebih Baik Daripada 1
Strategi bagus yang bisa kamu praktikan yaitu dengan menghubungkan kedua benteng kamu. Akan lebih baik jika ada 2 benteng yang saling bekerja sama karena menjadi lebih kuat daripada hanya 1 benteng saja. Dan ketika kedua benteng telah terhubung, tumpuk kedua benteng tersebut pada lajur yang terbuka dan akhirnya kamu bisa masuk ke dalam pertahanan lawan.

12. Menggunakan Tipuan
Sama layaknya olahraga lain, di dalam sebuah pertandingan selalu ada strategi mengecoh lawan. Lakukan sergapan atau relakan prajurit kamu untuk dimakan lawan yang pada akhirnya dapat membuat lawan kamu menjadi terperdaya sehingga kamu dengan mudah memenangkan permainan.

13. Tidak Menempatkan > 4 Pion pada Pembukaan
Kamu harus ingat ketika pada awal permainan catur, sebaiknya kamu tidak menempatkan pion dengan jumlah 4 buah lebih di barisan depan. Hal ini hanya merugikan kamu sendiri, karena kamu akan kesulitan untuk mengendalikan pion-pion tersebut. Pihak lawan juga akan memiliki kesempatan untuk menghancurkan pertahanan kamu.

14. Melindungi Raja
Dan yang paling penting dalam permainan catur adalah melindungi raja. Benteng yang akan berperan dalam hal ini. Benteng dapat melindungan raja dari luar, sementara itu kemampuan raja dapat menutupi celah dari dalam. Strategi semacam ini akan semakin memperkuat pertahanan kamu.

15. Memajukan Pion Bebas
Pada waktu-waktu terakhir, kamu perlu memajukan pion secara bebas, hal ini akan membuat kamu sangat mendominasi permainan. Karena ini sama saja memaksa lawan untuk menyerahkan prajuritnya yang mencoba menjadi penghalang setiap langkah kamu. Kamu bisa mengaktifkan pergerakan para pejabat serta raja, sementara benteng bisa kamu letakkan di belakang pion lawan/di dalam baris pertahanan lawan. Raja dari pihak lawan dapat dengan cepat dimatikan menggunakan cara ini.

Itulah cara bermain catur agar kamu bisa selalu menang dalam setiap pertandingan. Cara-cara tersebut bisa dengan mudah dipraktekkan oleh pemula. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar