Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari YouTube

Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari YouTube

Memang terdapat banyak sekali cara mendapatkan uang di internet, salah satunya adalah melalui YouTube. Hebatnya, kamu bisa menghasilkan uang dari YouTube dan mungkin tanpa mengeluarkan modal yang besar. Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mudah mendapatkan penghasilan dari YouTube.  Berikut ulasannya :

1. Buat Video yang Banyak Disukai

Untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube, kamu harus memiliki subscriber dan viewer yang banyak. Dan yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan banyak subscriber dan viewer yaiyu dengan membuat video yang banyak disukai oleh para penonton.

Kamu bisa membuat video tentang hal-hal yang sedang trending saat itu, yang sedang banyak dibicarakan di media sosial.

2. Optimasi Video YouTube

Sebelum video kamu dipublish, kamu harus melakukan beberapa optimasi video YouTube supaya kamu bisa mendapatkan lebih banyak penonton.

Berikut ini beberapa cara optimasi video YouTube yang paling mudah, antara lain:

  • Kamu harus membuat video yang merupakan karya original kamu.
  • Kamu harus membuat judul dan thumbnail yang menarik perhatian para penonton.
  • Kamu harus optimasi video menggunakan teknik SEO, seperti pada judul, deskripsi, meta tag dan lain sebagainya.
  • Jangan pernah menggunakan konten yang mempunyai hak cipta (copyright), kamu bisa kok menggunakan berbagai stockvideo yang gratis atau lagu yang tidak memiliki hak cipta atau no copyright music.
  • Kamu harus memahami Terms of Service dan Community Guidelines yang sudah dibuat oleh pihak YouTube.


3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channelmu, kamu perlu melakukan associate dan approved AdSense account kamu ke akun YouTube kamu. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang bisa kamu gunakan untuk melakukan track penghasilanmu. Penghasilan tersebut akan terbayar apabila kamu telah megikuti Youtube payment treshold yang ada.

4. Affiliate Marketing

Cara mendapatkan uang dari YouTube selain AdSense yaitu kamu bisa melakukan affiliate marketing dengan memberi tautan pembelian produk dari e-commerce yang telah terhubung dengan akun kamu.

Kamu dapat bekerja sama dengan beberapa e-commerce yang membuka layanan afiliasi, misalnya Lazada, Blibli, Banggood atau Gearbest, dan masih banyak lagi.

Kemudian tautan pembelian produk dapat kamu letakkan pada deskripsi video. Selanjutnya kamu harus memancing penonton untuk membukanya tautan tersebut.

5. Menjalin Kerja Sama Sponsorship

Selanjutnya, kamu dapat menjalin kerja sama sponsorship dengan para brand. Lebih baik kamu memilih brand yang berhubungan dengan channel kamu. Langkah ini dipercaya sebagai cara untuk mendapatkan uang dari YouTube yang paling efektif.

Kamu biasanya diberi barang yang dapat kamu jadikan untuk konten video dan kamu harus mempromosikan barang tersebut di channel kamu.

Kelemahan dari cara ini yaitu, untuk mendapatkan kerja sama sponsorship, kamu harus mempunyai kemampuan negosiasi yang bagus untuk meyakinkan sponsor menaruh iklan di video kamu.

6. Selalu Berpikir Kreatif

Sebagai YouTuber, kamu dituntut harus mempunyai pemikiran yang kreatif dalam merencanakan konten video yang akan kamu buat selanjutnya.

Hal ini dilakukan untuk menarik minat para penonton yang lain dan menghindari penonton setia channel YouTube kamu menjadi bosan dengan konten yang rutin kamu tayangkan.

7. Berjualan Merchandise

Cara yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan basis penggemar yang kamu punya.

Kamu bisa saja berjualan merchandise, misalnya hoodie, kaos, dan barang koleksi lainnya. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan mudah dan cepat.