Cara Mudah & Efektif Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat-Obatan

Sebenarnya, terdapat berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sesak nafas. Kamu bisa dengan mudah melakukannya sendiri di rumah.

Sesak napas terjadi ketika kamu kesulitan bernapas dikarenakan kurangnya pasokan oksigen di dalam tubuh. Hal itu terjadi ketika bagian tubuh kamu bekerja ekstra untuk bernapas, seperti paru-paru, otot dinding dalam, dan diafragma. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kami sedang mengalami sesak nafas.

1. Bernapas dengan mengerucutkan bibir (mecucu)


Dengan melakukan cara ini, kamu dapat memperlambat laju napasmu. Kamu juga dapat bernapas lebih dalam. Kamu dapat melakukannya dengan cara bernapas biasa melalui hitung dalam 2 hitungan. Kemudian, kamu buang napas melalui bibir yang telah kamu kerucutkan sampai hitungan ke-4.

2. Duduk dengan posisi condong ke depan sembari agak membungkuk



Duduk terbukti dapat membuat kamu lebih mudah bernapas, karena posisi tersebut membuat kamu lebih santai/relaks. Caranya yaitu duduklah dengan kedua kaki menapak lantai. Kemudian condongkan dada ke depan dengan siku di lutut atau tahan dagumu dengan menggunakan tangan. Pastikan otot bahu dan juga otot leher tetap relaks.

3. Berdiri sembari bersandar pada dinding



Cara ini dapat merelakskan tubuh kamu dan juga dapat memperlancar pernapasanmu. Caranya yaitu, berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu, lalu letakkan kedua tanganmu di paha. Relakskan badan, kemudian condongkan badanmu ke depan. Kamu pun juga dapat menumpukan tanganmu di meja agar otot bahu dan juga lehermu tetap relaks.

4. Berbaringlah dengan posisi relaks

Kamu bisa mengatasi sesak napas dengan cara berbaring terlentang dengan kepala ditinggikan menggunakan bantal. Taruh juga bantal di lututmu. Usahakan punggung agar tetap lurus. Dengan cara ini, pernapasanmu akan lebih lancar.

5. Melakukan pernapasan diafragma

Pernapasan ini dapat kamu lakukan dengan cara duduk di kursi. Usahakan agar kepala, leher, bahu, dan lutut tetap relaks. Coba untuk menaruh satu tanganmu pada perut dan satunya lagi pada dada. Kemudian bernapaslah melalui hidung dan rasakan napas bergerak di perutmu. Hembuskan napas sampai otot perut mengencang. Lakukan melalui mulut yang dikerucutkan (mecucu). Beri tekanan lebih ketika mengembuskannya. Walau begitu, lakukan hembusan dalam waktu yang lama.

6. Gunakan kipas angin


Udara sejuk yang diembuskan oleh kipas angin ternyata bisa meredakan sesak napasmu. Kamu hanya perlu menyalakan kipas angin dan bernapaslah sambil menghadap ke kipas angin. Oh iya, kamu harus memastikan jika anginmu bersih ya.

7. Minum kopi

Bagi penderita asam, kopi ternyata juga memiliki manfaat untuk melemaskan otot-otot pada saluran pernafasan. Kamu bisa mengkonsumsi kopi dengan porsi yang secukupnya.

8. Cari udara bersih dan hindari paparan asap rokok

Bagi kamu seorang pecandu rokok, cobalah untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok. Bernapas di udara yang bersih juga dapat melancarkan napasmu.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sesak napas. Namun perlu kamu garis bawahi jika cara-cara di atas bukan berarti menyembuhkan penyakitnya. Oleh karena itu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.