Rabu, 29 Mei 2019

8 Cara Mudah Agar Suara Kamu Menjadi Bagus

 


Siapa yang tidak suka dengan musik? Bahkan ada yang mengatakan jika tanpa musik, hidup menjadi sangat hampa. Berbagai macam alat musik musik yang disatukan dengan vokal manusia akan tercipta suatu lagu.

Ketika kamu senang mendengarkan lagu, tentu akan muncul keinginan untuk mempunyai suara seperti penyanyi yang kamu idolakan. Dan berikut ini ada beberapa cara mudah agar memiliki suara yang merdu.


1. Sering Bernyanyi
Pilihlah lagu-lagu yang kamu sukai dan coba untuk menyanyikannya. Tak perlu ragu dengan suara yang kamu miliki, satu hal yang terpenting di sini adalah menyanyi dan mengikuti irama serta nada-nadanya.

2. Bernyanyi Dengan Perasaan
Ketika kamu bernyanyi, cobalah untuk meresapi dan menghayati lagu yang sedang kamu nyanyikan. Bayangkan kamu sedang berada di posisi lagu tersebut. Misalnya, jika kamu sedang menyanyikan lagu tentang patah hati, kamu bayangkan hal-hal yang pernah membuat kamu sakit hati sambil kamu bernyanyi dengan perasaan dan juga emosi yang kuat.


3. Minum Air Putih Yang Banyak, Jangan Yang Dingin
Mengkonsumsi air putih merupakan hal yang terbaik untuk pita suara kamu, karena air dapat melembabkan dan membantu menghilangkan kelebihan lendir yang ada di tenggorokan kamu. Hindari susu, minuman ringan, dan minuman sejenis yang banyak mengandung gula, karena laktosa yang ada di dalam susu atau gula bisa menyebabkan lendir dan dahak terbentuk di tenggorokan kamu.

4. Olahraga Sambil Bernyanyi
Jika kami tidak kuat nafas pada saat bernyanyi, cobalah untuk bernyanyi sambil berolahraga. Jogging misalnya. Hal ini dapat memperkuat nafas kamu pada saat bernyanyi.

5. Coba Nada Tinggi
Beranikan diri kamu untuk mencoba lagu yang memiliki nada tinggi. Tak perlu takut, karena jika kamu sudah terbiasa dengan nada tinggi, pita suara kamu akan rileks dan lebih mudah dalam bernyanyi.

6. Hindari Makanan Manis Dan Berminyak
Makanan yang manis dan juga berminyak sebaiknya kamu hindari dulu. Sebenarnya boleh saja mengkonsumsi makanan manis dan beminyak, asalkan tidak secara berlebihan. Karena makanan tersebut dapat menyebabkan terbentuknya lendir dan juga dahak di dalam tenggorokanmu.

7. Latih Pernapasan
Biasakan untuk bernapas dari diafragma kamu, karena hal ini dapat membuat napas kamu menjadi lebih panjang. Apabila kamu bernapas dari dada, hal itu akan membuat napas kamu menjadi terengah-engah ketika bernyanyi. Jika kamu bernapas dengan benar, bagian bawah perut kamu akan mengembang, bukannya tulang rusuk yang mengembang.

8. Latih Pemahaman Frase
Ketika bernyanyi, waktu yang paling tepat untuk bernafas adalah di antara frase, yaitu kelompok kata yang dinyanyikan secara bersama. Lebih baik kamu pahami dulu liriknya sebelum kamu mulai bernyanyi. Cari tahu di mana jeda yang tepat yang bisa kamu gunakan untuk mengambil napas. Latihan seperti ini sangat penting, karena dapat membantu terhindar dari yang namanya terengah-engah atau kehabisan napas ketika bernyanyi.

Nah, itulah tips yang sangat mudah agar kamu memiliki suara yang bagus dan tidak fals. Semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar