6 Cara Efektif untuk Mengatasi Insomnia Tanpa Obat-obatan

Cara mudah mengatasi insomnia

Kurang tidur dapat menyebabkan turunnya berbagai fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi dan daya tahan tubuh yang melemah.

Meskipun seperti itu, kita tetap tidak boleh mengandalkan obat tidur pada saat susah tidur alias insomnia sedang menyerang, karena memiliki berbagai macam efek samping. Obat tidur juga termasuk obat keras yang harus diresepkan oleh dokter.

Dan berikut ini saya akan membagikan bagaimana cara efektif mengatasi insomnia tanpa menggunakan obat tidur.

1. Membaca buku

Susah tidur karena beberapa kali telah terbangun merupakan hal yang sering dialami oleh penderita insomnia.

Daripada kamu cuma berbaring di kasur dengan mata yang tidak dapat terpejam, cobalah untuk suatu aktivitas yang ringan, misalnya membaca buku.

Selain membaca buku, kamu juga bisa mendengarkan musik. Tapi sebisa mungkin untuk menjauhi gadget karena cahaya biru yang dipancarkan dari gadget kamu justru bisa mengganggu produksi hormon melatonin.

2. Konsumsi kiwi kaya melatonin

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan melatonin dapat membantu tubuh kita untuk tidur lebih nyenyak.

Buah kiwi adalah buah yang kaya akan melatonin. Riset menemukan, jika seseorang yang memakan 2 buah kiwi 1 jam sebelum tidur selama 4 minggu menunjukkan peningkatan kualitas, kuantitas, dan efisiensi tidur.

3. Minum jus ceri tart

Riset juga menemukan apabila seseorang yang meminum 1 cangkir jus ceri tart 2 kali sehari selama 2 minggu, mengalami peningkatan waktu tidur sebanyak kurang lebih 84 menit.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi 1 gelas susu hangat sekitar 1 jam sebelum waktu tidur untuk mengundang rasa kantuk.

4. Coba teknik relaksasi

Tubuh yang rileks merupakan kunci untuk tidur nyenyak. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak melakukan perkerjaan yang merangsang aktivitas mental sekitar 20 sampai 30 menit sebelum tidur.

Lebih baik kamu menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan yang santai seperti melakukam mindfulness, latihan pernapasan, meditasi, dan relaksasi otot. Hal-hal seperti itu dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

5. Makan malam lebih awal

Apakah kamu pernah mengalami koma makanan? Koma makanan adalah kelesuan ekstrem yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar, dan hal itu membuat kita sering terbangun di tengah malam.

Sebaiknya kamu melakukan makan malam sekitar 3 sampai 4 jam sebelum tidur.

Apabila perut kita terisi banyak makanan saat tidur, terutama makanan yang banyak mengandung lemak, itu dapat menyebabkan naiknya asam lambung yang dapat menganggu tidur kita.

6. Singkirkan televisi dari kamar

Meletakan televisi di dalam kamar tidur ternyata dapat memperparah kondisi insomnia. Suara & cahaya yang dipancarkan oleh televisi bersifat merangsang otak.