Minggu, 28 April 2019

Cara yang Baik dan Benar Menanam Cabe Sendiri di Rumah

 

Cara mudah menanam cabe

Apabila kamu adalah seorang penggemar cabe, ketimbang harus membeli, lebih baik jika kamu hanya tinggal memetik saja di halaman rumahmu. Tak perlu khawatir, cara menanam cabe sangat mudah kok. Kamu juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Berikut adalah cara menanam cabe yang baik dan benar :

1. Bibit cabe

Cara menanam cabe yang pertama tentu dimulai dari bibit. Pertama-tama tentu saja kamu harus mempunyai bibit cabe yang berkualitas. Sangat mudah memilih bibit cabe. Pilihlah cabe yang masih segar. Kupas cabe dan ambil bijinya. Kemudian jemur biji cabe tersebut di bawah sinar matahari hingga kering.

2. Menyemai cabe

Berikutnya adalah menyemai cabe. Cara menyemai cabe agar cepat tumbuh sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan polybag ukuran kecil sebagai media penyemaian. Masukkan tanah & juga pupuk kandang. Lalu campur dengan perbandingan 3:1. 

Rendam bibit menggunakan air hangat selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu masukkan bibit cabe pada polybag dengan kedalaman kira-kira 1 cm saja dan tutupi dengan tanah. Siram setiap hari hingga benih berkecambah. Lalu mulai perkenalkan dengan sinar matahari langsung.

3. Penanaman cabe

Ketika benih cabe telah berumur 4 minggu, selanjutnya pindahkan benih cabe pada lahan yang telah kamu siapkan. Sebelum memindahkan benih cabe, jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan terlebih dahulu dan juga memberinya pupuk.

Kamu juga bisa tetap menggunakan polybag jika kamu mau. Tapi sebaiknya gunakanlah polybag yang cukup besar dengan diameter minimal 30 cm. Bisa juga kamu menggunakan ember bekas yang telah kamu bersihkan.

Gunakanlah tanah, pupuk, dan sekam mentah dengan perbandingan 3:2:1 untuk tempat menanam.

4. Pemupukan cabe

Rajin-rajinlah untuk memberi pupuk selama masa penanaman. sebaiknya kamu menggunakan pupuk kompos sehingga cabe yang kamu tanam menjadi lebih organik.

5. Perawatan cabe

Yang laling penting, jangan sampai lupa untuk menyirami cabe setiap hari. Dan juga kamu harus melihat apakah terdapat tanaman lain yang tumbuh di sekitar cabr yang dapat mengganggu pertumbuhan cabe. Apabila ada, segera cabut tanaman tersebut agar cabe bisa tumbuh dengan baik.

6. Saatnya Panen

Ketika cabe yang kami tanam telah tumbuh sempurna dan mulai membuahkan hasil, kamu bisa melakukan panen.











----------------

Keywords: cara menanam cabe hidroponik, cara menanam cabe merah, cara menanam cabe di polybag, cara menanam cabe di kebun, cara menanam cabe dalam pot, cara menanam cabe rawit di pot, cara menanam cabe yang benar, cara menanam cabe rawit halaman rumah, cara menanam cabe yang baik, menanam cabe rawit dari biji, menanam cabe keriting, menanam cabe carolina reaper, menanam cabe di musim hujan, menanam cabe merah

Tidak ada komentar:
Write komentar