Cara Pengolahan Sampah Yang Benar Agar Tidak Merusak Lingkungan!

Cara Pengelolaan Sampah Yang Benar

Tahukah kamu, menurut penelitian seorang manusia rata-rata dalam sehari menghasilkan sampah sebanyak 800 gram , itu berarti dalam setahun seorang manusia telah menghasilkan sampah sebanyak 292 Kg. Lalu sekarang bayangkan berapa banyak manusia yang ada di bumi sekarang ini? Dan berapa banyak sampah yang dihasilkan setiap harinya? Oleh sebab itulah sangat penting sekali untuk melakukan pengelolaan sampah agar memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

Dengan melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar, kamu menjadi dalah satu orang yang berperan dalam membantu untuk menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa cara pengelolaan sampah rumah tangga yang baik dan benar :

1. Memisahkan Sampah Sesuai Dengan Jenisnya

Secara garis besar sampah terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sampah organik dan anorganik. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam sistem pengelolaan sampah di rumah yaitu memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya.

Kamu perlu menyiapkan 2 tempat sampah di rumah yang digunakan untuk memisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Kamu tentu sudah tahu bila sampah organik merupakan sampah yang berasal dari alam. Contohnya, sisa makanan. Karena berasal dari alam, sampah organik lebih mudah untuk terurai. Dan untuk sampah anorganik merupakan sampah yang sangat susah untuk terurai. Contohnya sampah plastik, karet, kaleng dan masih banyak yang lainnya.

Dengan memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya, kamu akan lebih mudah untuk melakukan pengelolaan sampah di rumah.

2. Pengelolaan Sampah Organik

Cara yang paling mudah untuk mengolah sampah organik adalah dengan membuatnya menjadi pupuk kompos. Kamu bisa menggunakan pumpuk kompos ini untuk berkebun, atau juga bisa kamu jual kepada orang-orang yang memiliki hobi berkebun atau ke penjual tanaman.

3. Pengelolaan Sampah Anorganik

Beberapa sampah anorganik yang bisa didaur ulang yaitu kertas, kardus, botol kaca, botol plastik dan lainnya. Kamu bisa menjual benda-benda tersebut ke pengepul barang bekas agar bisa didaur ulang. Atau jika kamu termasuk orang-orang yang memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi, kamu bisa membuat sampah anorganik tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan.

4. Pengelolaan Sampah Berbahaya

Sampah yang berbahaya merupakan sampah yang sangat sulit terurai dan mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Sebaiknya kamu memisahkan sampah-sampah yang berbahaya untuk dibawa ke pusat daur ulang. Karena petugas pusat daur ulang pasti sudah tahu cara yang benar untuk mendaur ulang sampah yang berbahaya supaya tidak merusak lingkungan.

5. Reduce, Reuse and Recycle!

Sebaiknya mulai sekarang kamu membiasakan untuk Reduce, Reuse and Recycle atau biasa dikenal dengan istilah 3R. Biasakan untuk tidak menggunakan  bahan-bahan yang sulit terurai seperti plastik.

Lalu biasakan juga untuk memanfaatkan barang-barang bekas agar bisa digunakan kembali. Misalnya menggunakan botol plastik bekas untuk dijadikan sebagai pot tanaman. Gunakan ide kreatifmu, karena sampah juga bisa memiliki tingkat ekonomi yang cukup tinggi.

Yang paling penting adalah jangan pernah membuang sampah sembarangan! Buanglah sampah pada tempatnya!






--------------------------

Keywords: cara mengolah sampah plastik,,cara mengolah sampah organik,,cara mengolah sampah rumah tangga,,cara mengolah sampah organik yg benar,,cara mengolah sampah yang baik,,cara mengolah sampah kertas,,cara mengolah sampah anorganik,,cara mengolah sampah daun menjadi kompos,,cara mengolah sampah non organik,,cara pengelolaan sampah yang baik,,cara pengelolaan sampah rumah tangga,,cara pengelolaan sampah yang efektif,,cara pengelolaan sampah di swedia,,cara pengelolaan sampah organik,,cara pengelolaan sampah plastik,,cara pengelolaan sampah organik dan anorganik,,cara pengelolaan sampah anorganik,,cara pengelolaan sampah di sekolah,,cara pengolahan sampah organik,,cara pengolahan sampah kertas dengan 4r,,cara pengolahan sampah kaleng dengan recycle,,cara pengolahan sampah plastik,,cara pengolahan sampah yang baik,,cara pengolahan sampah rumah tangga,,cara pengolahan sampah anorganik,,cara pengolahan sampah kertas,,cara pengolahan sampah 4r,,cara pengolahan sampah organik menjadi kerajinan,,cara pengolahan sampah organik yang dapat menguntungkan