Beginilah Cara Merawat Kucing Yang Baik Dan Benar! Jangan Sampai Salah!

Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

Apabila kamu adalah seorang pemula yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat kucing, berikut ini saya ada beberapa tips cara merawat kucing dengan baik dan benar.

1. Anak kucing membutuhkan jumlah gizi yang lebih banyak dibanding dengan kucing yang sudah dewasa. Namun walaupun anak kucing membutuhkan lebih banyak jumlah nutrisi, bukan berarti kamu harus memberinya makan secara berlebihan. Cukup berikan makanan secara rutin 4 kali sehari setelah anak kucing sudah berumur 5 sampai 6 minggu.

2. Jangan pernah memberikan makanan anjing kepada kucing! Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan makanan untuk anjing tidak memiliki kandungan taurin. Taurin adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah peyakit pada kucing, seperti penghihatan yang kabur dan penyakit jantung.

3. Jika kucingmu sudah berusia antara 8 sampai 10 bulan, kamu bisa membiasakan kucigmu untuk mengkonsumsi makanan rumah, seperti nasi dan juga susu. Kebiasaan seperti ini harus kamu lakukan sejak dini agar kelak kamu tidak akan mengeluh dengan biaya makanan kucingmu. Hehehe

4. Kamu tidak harus terlalu sering memandikan kucingmu. Mandikan kucingmu hanya ketika bulunya sudah berbau tidak sedap. Pada saat bulu kucingmu mulai berbau tisak sedap, kamu bisa memandikannya menggunakan air dingin. Apa bila kamu memandikannya menggunakan air panas, hal itu bisa merusak bulu dan juga bisa menyebabkan iritasi kulit pada kucing kamu.

5. Sisir bulu kucing secara rutin. Hal ini bisa  menghilangkan bulu-bulu yang mati, bakteri dan juga kuman yang terdapat pada bulu kucing. Menyisir bulu kucing juga bisa membuat bulu menjadi lebih rapi.

6. Biarkan kucing pergi keluar kandang. Kalau bisa ajaklah kucingmu bermain dengan kamu. Kegiatan fisik seperti ini dapat membantu tumbuh kembang kucing menjadi lebih baik. Kucingmu akan tumbuh sehat dan juga lincah.

7. Mengajarkan kebiasaan hidup sehari-hari sangat perlu bagi kucing. Kamu dapat mengajarkan beberapa kebiasaan baik seperti makan di tempat makan yang telah kamu sediakan, tidur pada tempat yang telah kamu sediakan, dan juga pergi ke toilet.

8. Lakukan vaksinasi. Vaksinasi harus kamu lakukan secara rutin agar kucingmu terhindar daru penyakit. Untuk melakukan hak ini, kamu bida berkonsultasi dengan dokter hewan.

9. Rawatlah kebersihan tubuh kucingmu. Kamu harus rutin membersihkan telinga, gigi, bulu, dan kukunya. Kamu harus rajin-rajin melakukan hal itu, karena bagian-bagian tersebut sangat rentan terhadap kuman dan bakteri yang bisa mengakibatkan penyakit pada kucing.

10. Jagalah kebersihan kandang dan juga bak pasirnya. Karena di sanalah kucing menghabiskan kebanyakan waktunya. Penyakit bisa menyerang kucing saja apabila lingkungannya tidak bersih. Oh iya, jangan lupa berikan alas atau tempat tidur yang nyaman dan juga mainan untuk kucing.




------------------------

Keywords: cara merawat kucing untuk pemula, cara merawat kucing kampung, cara merawat kucing persia, cara merawat kucing anggora, cara merawat kucing kecil, cara merawat kucing persia jantan, cara merawat kucing dewasa, cara merawat kucing baru lahir, cara merawat kucing rumahan, tips merawat kucing yang benar