Cara Mudah Merawat Baterai HP Kamu Agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Habis!

Cara Merawat Baterai Ponsel

Sebenarnya Pabrik sudah memberikan baterai ponsel kita umur yang panjang, namun karena kita sendiri yang kurang tahu tentang bagaimana cara merawat baterai HP agar lebih awet, itu membuat umur baterai HP kita menjadi lebih pendek.

Oleh Karena Itu, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merawat baterai ponsel kamu agar lebih awet dan tidak cepat habis. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Charger Asli Atau Original

Untuk merawat baterai ponsel non removable, yang pertama kamu harus menjaga arus listrik yang diterima oleh  baterai ponsel agar selalu sesuai dan juga aman, caranya adalah dengan menggunakan charger asli atau original pada saat pengisian baterai. Karena charger original sudah diproduksi dengan baik oleh pabrikan agar baterai ponsel kamu terisi secara efektif dan aman.

2. Pastikan Temperatur Baterai Smartphone Tidak Terlalu Panas

Temperatur smartphone yang baik dan aman yaitu sekitar 18 - 35 derajat celcius. Apabila tidak sesuai, bateraimu mungkin akan memiliki beberapa masalah. Jika temperaturnya terlalu rendah, baterai kamu akan mengalami pengurangan kapasitas. Begitu juga sebaliknya, jika baterai kamu memiliki temperatur terlalu yang panas, itu bisa merusak komponen yang ada pada smartphone kamu.

Oleh karena itu, berikan waktu smartphone yang kamu miliki untuk istirahat. Jangan pernah menggunakannya secara berlebihan hingga baterainya terasa panas. Pastikan juga kamu menyimpannya di tempat yang sejuk.

Saat ini, smartphone sudah memiliki fitur untuk mengukur suhu. Namun jika ponselmu tidak memiliki fitur ini, kamu bisa mengunduh aplikasi pengukur suhu yang ada di Playstore.

3. Segera Isi Baterai Ponsel Kamu Sebelum Tersisa 30%

Apabila kamu sering membiarkan smartphone kamu mati kehabisan baterai, maka kapasitas baterai smartpgone itu bisa berkurang  dan tentu saja umur baterai tersebut juga akan menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, ketika daya ponsel kamu seudah tersisa 30%, maka segeralah melakukan pengisian baterai.

4. Jangan Pernah Mengisi Daya Secara Berlebihan

Walaupun smartphone baru saat ini sudah memiliki fitur untuk memutus daya bila sudah mencapai 100%, tapi sebaiknya lebih aman lagi untuk tidak membiarkan smartphone kamu dalam keadaan mengisi daya secara berlebihan, selama berjam-jam.  Hal itu dikhawatirkan bisa mengakibatkan baterai ponsel kamu menjadi melembung atau lebih bahayanya lagi baterai bisa saja meledak dan melukai kamu.

5. Jangan Menggunakan Smartphone Saat Mengisi Daya

Untuk merawat baterai ponsel, kamu juga sebaiknya jangan menggunakan ponselmu ketika sedang dalam keadaan charging. Ketika mengisi daya, alangkah baiknya bila ponsel sedang dalam keadaan airplane mode atau bisa juga dalam keadaan mati. Dengan demikian, baterai tidak akan menjadi panas.

6. Mengurangi Bermain Game Menggunakan Smartphone

Jika kamu adalah seseorang yang sangat suka bermain game, saya sarankan mulai sekarang untuk mengurangi durasi waktu bermainmu. Ya setidaknya cukup 2 jam sehari. Karena game mobile menggunakan hampir seluruh kemampuan ponsel kamu untuk bekerja secara maksimal. Oleh sebab itulah pada saat kamu bermain game, ponsel kamu akan terasa cepat panas. Dengan kamu memberikan jeda waktu ketika bermain game atau membatasi durasi waktu bermain game, suhu ponsel kamu akan lebih stabil dan baterai ponsel kamu juga akan lebih awet.

7. Matikan Smartphone Beberapa Jam Setiap Hari

Kebanyakan orang membiarkan smartphone mereka terus menyala seharian, bahkan saat tidur pun smartphone mereka tetap dalam keadaan menyala. Lebih baik hindari kebiasaan buruk tersebut, karena hal itu dapat membuat baterai cepat rusak. Lebih baik kamu mematikan smartphone milikmu ketika kamu tidur. Itu akan membuat smartphone kamu beristirahat, sehingga baterainya pun akan lebih awet.

8. Perhatikan Aplikasi Yang Terinstal

Kelola aplikasi yang kamu pasang dengan baik, jangan pernah menginstal aplikasi yang tidak kamu perlukan. Terlalu banyak menginstal aplikasi dapat menghabiskan ruang penyimpanan ponselmu dan juga dapat menguras isi baterai ponselmu. Terkadang ada beberapa aplikasi yang walaupun sedang tidak digunakan, namun tetap berjalan di latar belakang tanpa kamu ketahui.





--------------------------

Keywords: cara merawat baterai hp iphone,cara merawat baterai hp non removable,cara merawat baterai hp tanam agar awet,cara merawat baterai hp tanam,cara merawat baterai hp baru,cara merawat baterai hp xiaomi,cara merawat baterai hp iphone 7,tips merawat batre hp non removable,cara merawat baterai smartphone non removable,cara merawat baterai smartphone agar awet,cara merawat baterai smartphone baru,cara merawat baterai smartphone agar tetap awet,cara merawat baterai smartphone xiaomi,cara merawat baterai smartphone biar awet,cara merawat baterai smartphone dengan baik,cara merawat baterai smartphone yang benar,cara merawat baterai lipo smartphone