Selasa, 01 Januari 2019

Cara Memotret Kembang Api Menggunakan Kamera Handphone! Hasilnya Pasti Bagus!

 

Cara Foto Kembang Api Dengan HP

Di momen pergantian tahun memang sudah wajib sepertinya untuk menghadirkan pesta kembang api. Tidak hanya di Indonesia, masyarakat di seluruh dunia pun melakukan hal yang sama. Memang cukup disayangkan jika kita tidak bisa mengabadikan pesta kembang api tersebut. Kita memerlukan kamera profesional untuk mengabadikan momen tersebut agar hasilnya maksimal, tapi masalahnya tidak semua memiliki kamera profesional.

Kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu. Karena hanya dengan menggunakan handphone pun kamu bisa mengabadikan pesta kembang api pada saat tahun baru secara maksimal. Berikut ini beberapa cara foto kembang api tahun baru dengan smartphone :

1. Siapkan Tripod

Pertunjukan kembang api memang terbilang cepat sehingga hal itu akan membuat kamu juga harus cepat untuk mengabadikannya. Tapi apabila kamu cuma asal jepret saja, hasil fotonya akan buram atau blur. Ditambah lagi dengan kamera ponsel yang perlu menahan Shutter lumayan lama untuk menangkap objek kembang api.

Oleh karena itu, lebih baik jika kamu menggunakan tripod agar meminimalkan adanya gerakan yang bisa membuat foto menjadi blur.

2. Gunakan Mode Landscape

Untuk teknologi kamera ponsel saat ini memanh sudah bisa secara otomatis menentukan objek sebagai fokusnya. Tapi apabila kita hendak mengambil gambar kembang api yang ada di langit dan tentu cenderung kurang cahaya, pasti kamera ponsel akan sulit untuk membaca objek tersebut.

Sebaiknya kamu merubah pengaturan kamera ponselmu ke dalam mode Landscape dan juga mempersempit pembukaan lensa, hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas gambar yang dihasilkan walaupun objek dekat atau jauh.

3. Matikan Flash

Memang pesta kembang api biasanya diadakan pada malam hari, dimana suasana pada saat itu cenderung kurang cahaya. Namun apabila kamu ingin mengabadikan kembang api tersebut, lalu kamu menggunakan flash untuk memotretnya,  justru hal itu malah membuat hasil foto menjadi sangat buruk. Hal tersebut terjadi karena adanya cahaya yang dikeluarkan oleh flash dari ponsel kamu, itu membuat kembang api yang ada di langit malah tidak terlihat.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika kamu ingin memotret kembang api menggunakan smartphone, matikan flashnya agar foto yang dihasilkan bisa bagus.

4. Turunkan ISO

ISO yang tinggi akan meningkatkan sensitivitas kamera ponselmu sehingga bisa melihat detail suatu objek dalam gelap. Tapi, kembang api itu sendiri sudah cukup cerah.

Oleh sebab itu, untuk menghindari paparan cahaya yang terlalu berlebihan dan juga mengurangi noise, matikan fitur ISO Otomatis yang ada di ponsel kamu dan ubahlah settingan ke ISO 100 atau bisa juga lebih rendah lagi.

5. Aktifkan Mode HDR

Mode High Dynamic Range (HDR) dapat kamu gunakan untuk mengambil gambar kembang api pada saat tahun baru. Karena mode ini akan membantu kamu menghasilkan gambar dengan detail yang lebih baik dan lebih dramatis.
Tidak hanya itu, mengaktifkan fitur HDR akan membuat kontras antara cahaya kembang api dengan latar belakang langit yang hitam (gelap) bisa kamu dapatkan dengan maksimal. Itu akan membuat hasil foto menjadi sangat bagus.

6. Gunakan Burst Mode

Mode burst akan membuat smartphone kamu memotret banyak gambar hanya dalam sekali shoot. Namun ada juga beberapa smartphone yang perlu menekan shutter sedikit lama untuk menggunakan fitur ini. Fitur ini perlu kamu gunakan untuk memotret kembang api, karena kembang api adalah momen yang cukup cepat berlalu. Jadi fitur ini akan membantu kamu agar kamu tidak sampai ketinggalan momen terbaik ketika pesta kembang api sudah dimulai.

Begitulah beberapa cara memotret kembang dengan menggunakan hp. Semoga bermanfaat. Happy New Year :)

Tidak ada komentar:
Write komentar