Cara Mempersiapkan Diri Untuk Menghadapi Ujian

Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian

Sebenarnya pelaksanaan Ujian Nasional adalah bertujuan untuk memetakan kemampuan para siswa dalam menyerap ilmu dari kegiatan belajar-mengajar yang ada di Sekolah. Ujian Nasional juga dijadikan sebagai standarisasi kelulusan bagi para siswa dan akan digunakan pula sebagai syarat untuk siswa yang ingun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun bukan hanya itu saja, Ujian Nasional juga dapatembuat para siswa untuk belajar lebih giat lagi agar dapat lulus dengan nilai yang memuaskan, dan berikut ini beberapa cara untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional :

1. Ketahui Materi Yang Harus Kamu Pelajari

Kamu harus berusaha untuk mencari tahu materi yang harus kamu, entah itu dengan membaca silabus atau pun bertanya kepada guru yang berangkutan.  Apabila kami sudah bisa memperkirakan pertanyaan apa yang akan muncul pada saat ujian, kamu pasti akan merasa lebih tenang dan lebih siap ketika menghadapi ujian tersebut. Oh iya, biasanya para guru akan memberikan kisi-kisi sebelum ujian tersebut berlangsung. Kamu jangan menyia-nyiakan hal itu. Kisi-kisi inilah yang wajib kamu pelajari.

2. Catatlah Materi Yang Diajarkan Di Kelas

Sebaiknya kamu tidak  hanya mengandalkan ingatanmu pada saat belajar di kelas. Kamu harus menggunakan waktumu ketika belajar di dalam kelas dengan mencatat penjelasan yang guru kamu sampaikan. Kamu tidak perlu mencatat satu per satu kata-kata yang disampaikan oleh gurumu, kamu hanya perlu mencatat gagasan penting atau kata kuncinya saja. Agar kamu lebih siap lagi untuk menghadapi ujian, sebaiknya kamu membaca lagi catatanmu paling tidak minimal seminggu sekali agar pelajaran yang sudah kamu terima dapat terus tersimpan dalam memori kamu.

3. Aturlah Waktu Dengan Bijaksana

Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar hingga bergadang, karena itu bisa membuat kamu akan merasa stres ketika mengikuti ujian. Lebih baik kamu membuat jadwal agar kamu bisa mengatur waktumu untuk belajar waktu ujian tiba. Kamu akan mampu menghafalkan lebih banyak materi apabila belajar sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang lama, misalnya selama beberapa minggu sebelum ujian tiba. Oh iya, kondisi fisik sangat memengaruhi memori kita, jadi sebaiknya jangan menerapkan SKM, Sistem Kebut Semalam.

4. Tentukan Tempat Belajar Yang Paling Nyaman

Buatlah tempat belajarmu menjadi tempat yang senyaman mungkin buat kamu. Karena ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasimu dalam belajar. Kamu tidak perlu membuat tempat belajarmu rapi. Tempat belajar yang kotor pun akan lebih baik selama kamu merasa nyaman belajar di tempat seperti itu. Tempat belajar yang nyaman akan membuat kamu lebih mudah menghafalkan materi pelajaran.

5. Beristirahatlah Yang Cukup

Ada sebuah penelitian di bidang psikologi yang menunjukkan jika otak manusia hanya mampu fokus terhadap satu tugas secara efektif selama kurang lebih 45 menit. Selain itu, ada juga penelitian di bidang ilmu saraf yang menunjukkan jika kita terlalu lama berfokus pada hal yang sama secara terun-menerus, itu dapat membuat otak kita tidak mampu bekerja secara akurat. Oleh karena itu, kamu perlu yang namanya istirahat. Jangan menyiksa dirimu sendiri dengan belajar terus menerus. Oleh karena itu, ingat kembali poin nomor 3, aturlah waktumu secara bijaksana.

Itulah beberapa cara mempersiapkan diri menghadapi ujian, semoga artikel ini bisa membantu kamu dan semoga juga kamu bisa lulus dengan nilai yang terbaik.