Minggu, 16 Desember 2018

Cara Memilih Ikan Yang Masih Segar Dan Berkualitas

 

Memilih Ikan Yang Masih Segar


Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggu tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan sangat penting bagi tubuh manusia.
Tapi, kamu harus mengetahui bagaimana cara memilih ikan yang segar dan juga berkualitas. Dan kali ini saya akan menjelaskan tentang hal itu. Berikut ini beberap cara memilih ikan yang masih segar dan juga berkualitas :

1. Tidak Berbau Menyengat

Ikan yang masih segar pasti memiliki bentuk terlihat baik dan juga memiliki bau laut atau air. Ikan yang masih segar juga tidak akan memiliki bau amis yang menyengat.

2. Kulitnya Cerah dan Mengkilap

Ketuka memilih ikan yang segar, kamu perlu memperhatikan kulitnya. Apakah kulitnya berkerut, pucat, dan kusam? Atau memiliki warna yang cerah dan mengkilap? Kamu sebaiknya memilih ikan yang memiliki tubuh masih kencang, kulitnya yang mengkilap dan juga sisiknya yang tidak mudah rontok.

3. Insangnya Segar


Kamu juga harus memperhatikan insangnya. Ikan yang masih segar, akan memiliki insang yang berwarna kemerahan cerah dan juga tampak segar. Sebaiknya jangan membeli ikan yang sudah terlihat pucat, apalagi sampai berlendir keruh.

4. Dagingnya Padat Elastis

Jangan memilih ikan yang dagingnya sudah lembek. Ikan yang segar, pasti memiliki daging yang elastis dan juga padat. Cara mengetahuinya adalah dengan menyentuh bagian daging ikan tersebut. Apabila bentuknya tidak berubah, maka itu menandakan ikan tersebut masih segar.

5. Matanya


Kamu juga sebaiknya jangan memilih ikan yang matanya sudah buram. Karena salah satu ciri-ciri ikan yang masih segar adalah ikan yang matanya masih berwarna hitam, tidak buram, menonjol, dan juga terlihat jernih.

Tidak ada komentar:
Write komentar