10 Cara Menghilangkan Rasa Pemalu dan Pendiam

Cara Menghilangkan Rasa Pemalu dan Pendiam

Rasa malu biasa muncul ketika kita berada di lingkungan yang baru atau ketika kita sedang berada di keramaian. Sebenarnya rasa pemalu adalah salah satu bagian dari kepribadian yang cukup sulit untuk diubah. Tapi, seringkali rasa pemalu bisa mengganggu kamu dan juga bisa menghambat dirimu untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Dan berikut ini adalah cara menghilangkan rasa pemalu dan pendiam:

1. Percaya dengan diri sendiri

Kamu sebaiknya sudah bisa mulai mengenali diri kamu sendiri. Kamu harus mencari kenyamanan di dalam dirimu, karena jika kamu berhasil menemukannya, kamu akan merasa nyaman berada dimana pun. Rasa nyaman pada diri sendiri adalah awal untuk melakukan cara agar percaya diri serta juga cara agar lebih meningkatkan keyakinan diri dimana bila kamu sudah merasa percaya diri, lama-kelamaan kamu bisa menghilangkan rasa pemalu yang kamu miliki.

2. Jangan hanya melihat kekuranganmu

Jangan biarkan kebiasaan buruk ini terus terjadi pada dirimu. Daripada kamu selalu melihat kekurangan diri sendiri, lebih baik bila kamu berusaha untuk menemukan kelebihan dan bakat yang ada pada dirimu. Kamu harus yakin, setiap orang pasti memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Yang seharusnya kamu lakukan adalah fokus dengan kelebihan yang ada pada dirimu dan terus mengasahnya untuk memaksimalkan potensi yang telah kamu miliki. Jika kamu sudah bisa melakukan semua hal tersebut, kamu akan terjauh dari kata minder.

3. Hentikan kebiasaan membanding-bandingkan dengan orang lain

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan yang berbeda dan juga memiliki kelebihan yang berbeda pula. Setiap manusia juga mempunyai sifat masing-masing yang tidak dapat dipaksakan agar sama. Oleh karena itu, tidak ada gunanya jika kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang lain, karena hasilnya pasti berbeda. Kamu harus yakin dan percaya bahwa kamu adalah orang yang sangat berharga. Dan akan sangat disayangkan jika orang yang sangat berharga seperti kamu disia-siakan karena mencoba untuk menjadi orang lain. Maka, sebaiknya kamu tetap menjadi dirimu sendiri dan terus  merubah diri agar menjadi lebih baik.

4. Perbanyak latihan

"Practice makes perfect" itulah yang dikatakan banyak orang, dan itu sudah terbukti. Jika kamu memang berencana untuk melakukan cara menghilangkan rasa pemalu, maka alangkah baiknya jika kamu memang benar-benar harus membiasakan diri untuk tidak lagi menjadi pemalu. Berlatihlah melakukan percakapan santai dengan orang lain. Jangan pernah takut untuk membuka diri dan juga pikiran kepada orang lain. Dengan kamu semakin sering melakukan tersebut, maka kamu akan semakin terbiasa dan sifat pemalumu akan segera hilang.

5. Berbaurlah dengan keramaian

Jika biasanya kamu lebih suka untuk menyendiri dan mengurung diri di kamar daripada berada di keramaian, sebaiknya kamu memulai untuk menghilangkan kebiasaan itu. Kamu harus percaya bahwa tidak ada yang menakutkan didalam sebuah keramaian. Bahkan, didalam keramaian kamu dapat menemukan teman baru yang sangat menyenangkan.

6. Perluas pergaulan

Semakin banyak teman yang kamu punya, maka semakin berwarna pula kehidupan yang kamu punya. Sebaiknya kamu memperluas lagi pergaulanmu supaya kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang mempunyai beraneka sifat dan kepribadian. Dengan cara itu, kamu bisa mengamati dan menambah wawasanmu sebagai cara kamu untuk menghilangkan rasa pemalu. Perhatikan teman-temanmu yang supel dan juga mudah bergaul agar kamu bisa menghilangkan rasa pemalu yang kamu miliki. Itu merupakan cara merubah kepribadian menjadi lebih baik lagi.

7. Ubah penampilan

Tak bisa dipungkiri memang jika enampilan adalah hal yang penting bagi semua orang. Meskipun penampilan bukan segalanya, tapi mengubah penampilan sesuai kepribadianmu akan menunjukkan siapa identitas dirimu sebenarnya dan bisa membuat kamu semakin percaya diri di depan orang lain. Maka, cobalah untuk merubah gaya penampilan supaya kamu nampak lebih menarik lagi. Perlu kamu ketahui jika  berpenampilan menarik akan meningkatkan rasa percaya dirimu.

8. Atur emosi

Bila kamu masih merasa grogi dan khawatir ketika berhadapan dengan orang lain, maka cobalah untuk mengatur emosimu menjadi lebih tenang. Tarik nafas dalam-dalam dan berikan sugesti pada dirimu jika semua akan baik-baik saja. Kamu harus selalu mempunyai pikiran positif dan harus menghilangkan pikiran-pikiran yang membuatmu ingin menarik dirimu kembali ke dalam kesendirian.

9. Keluarlah dari zona nyaman

Rasa pemalu biasanya timbul karena kamu merasa tidak lebih berarti dari orang lain dan hidup dalam dunia yang tidak semenarik hidup orang lain. Maka kamu harus mencoba untuk keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman bisa menyegarkan kembali dirimu yang mulai jenuh dalam menjalani hidup. Hal ini bisa memberikan kamu semangat untuk kembali terjun ke masyarakat umum dengan penuh kepercayaan diri.

10. Berbuat kebaikan

Ini sangat penting, jangan pernah lupa untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang lain. Dengan kamu berbuat kebaikan kepada orang lain, hidup kamu akan merasa lebih berarti lagi dan kamu juga memberi manfaat kepada orang lain. Dengan cara itu kamu bisa belajar untuk lebih menghargai dirimu sendiri dan tentu akan menghilangkan rasa pemalu yang kamu miliki.