Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Tanpa Mengkonsumsi Kopi

Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Tanpa Mengkonsumsi Kopi

Apakah kamu termasuk orang yang menghilangkan rasa kantuk menggunakan kopi? Dan bagaimana jika tidak ada kopi disekelilingmu? Tenang saja, karena bukan hal yang tidak mungkin untuk mengatasi rasa kantuk tanpa mengkonsumsi kopi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk tanpa mengkonsumsi kopi. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Sarapan Pagi

Rasa kantuk menghampiri tidak hanya pada malam hari, tapi kamu bisa juga merasa mengantuk di pagi hari. Salah satu penyebab dari rasa mengantuk bukan hanya jam tidurmu yang kurang, tetapi juga rasa lelah. Pada saat kamu tidak melakukan sarapan di pagi hari, rasa lapar akan menghampirimu lebih cepat, sehingga mengakibatkan kamu tidak mempunyai energi dan menjadi lebih mudah mengantuk. Menurut salah seorang peneliti Inggris di Cardiff University berpendapat jika orang yang mengkonsumsi sereal akan lebih gampang untuk terhindar dari stress. Orang yang melakukan sarapan di pagi hari kinerja fisik dan mentalnya akan berjalan dengan baik sepanjang hari dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan sarapan. Tapi perlu kamu perhatikan ketika memilih sarapan, sebaiknya hindari makanan yang berat, misalnya makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kamu bisa mengkonsumsi buah, sereal, atau roti. Bila kamu tidak terbiasa dengan makanan itu ketika sarapan, kamu dapat mengkonsumsi nasi, namun dengan porsi yang lebih sedikit.

2. Camilan

Sebaiknya kamu menyempatkan waktu untuk ngemil makanan setiap 3 hingga 4 jam, agar terhindar dari rasa lapar yang berlebihan. Pada saat kamu merasakan lapar berlebihan, akibatnya kamu akan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak, dan kamu akan merasa mengantuk setelah makan karbohidrat dalah jumlah yang banyak. Menurut salah seorang pembicara dari the American Dietetic Association (ADA), Roberta Anding, R.D., mengatakan bahwa salah satu manfaat dari ngemil adalah untuk menstabilkan gula darah. Kamu bisa mengkonsumsi biskuit gandum, buah, ataupun yoghurt yang rendah lemak sebagai camilan. Perlu kamu catat, bila rasa kantuk menghampiri pada malam hari, sebaiknya usahakan untuk menyemil buah yang mudah dicerna, agar metabolisme tubuh kamu tetap terjaga.

3. Meminum Air Putih

Salah satu fungsi dari air putih  adalah untuk memberi oksigen kepada otak kita. Sehigga meminum air putih dalam jumlah yang cukup dapat menjaga tubuh kita terhindar dari rasa mengantuk. Pada saat kamu merasa dehidrasi, jantung kamu akan memompa lebih keras dari biasanya, hal inilah yang menyebabkan kamu lebih cepat kelelahan. Salah satu cara untuk mengetahui apakah kamu sedang mengalami dehidrasi atau tidak, kamu bisa memperhatikan urin yang kamu keluarkan. Bila kita minum air putih dengan jumlah yang cukup, urin yang kamu keluarkan akan berwarna jernih atau sedikit kekuningan. Itu tandanya kamu sedang tidak mengalami dehidrasi.

4. Olahraga Ringan

Olahraga ringan dapat membuat adrenalin kamu menjadi terpacu, sehingga kamu akan kembali waspada dan fokus. Kamu cukup meregangkan otot-ototmu, stretching ringan atau melakukan lompatan-lompatan kecil. Hal itu akan menghilangkan rasa kantuk yang sedang melandamu.

5. Mencuci Muka

Yang paling umum orang lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mencuci muka atau bahkan mandi. Dengan melakukan cara itu, tubuhmu akan kembali segar. Menurut penemuan di Journal of Personality and Social Psychology, terapi menggunakan air bisa menetralisir suasana hati dan membangkitkan kembali energimu disaat kamu merasa kelelahan.

6. Mengatur Jam Tidur

Usahakan agar mendapatkan jam tidur yang cukup setiap harinya. Manusia idealnya memerlukan waktu tidur sekitar 8 jam per harinya. Jam tidur yang cukup tidak hanya dapat mengurangi rasa lelah, melainkan juga dapat mengurangi rasa stres dan juga rasa cemas. Penyebab kelelahan bukan hanya rasa ngantuk, melainkan juga stres mental. Hal itu terjadi karena energi yang kamu miliki terkuras dengan apa yang kamu pikirkan. Oh iya satu lagi, sebaiknya kamu menghindari bermain handphone atau menonton televisi 20 menit sebelum kamu pergi tidur agar kamu bisa tidur dengan nyenyak tidur dan juga berkualitas.