Cara Memilih Durian Yang Manis Dan Berkualitas Tinggi

Tips Memilih Durian Yang Manis Dan Berkualitas Tinggi

Buat kamu yang tinggal di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia tentu sudah mengenal buah durian.

Buah yang memiliki ciri khas memiliki kulit yang tajam seperti duri dan dijuluki sebagai si raja buah.

Bagi para pencinta buah durian, tentu ketika sudah mencium aroma harum dari si raja buah ini, pasti rasanya ingin langsung melahapnya.

Nah, untuk kamu para pecinta durian, kali ini saya akan membagikan tentang Cara Memilih Durian Yang Manis Dan Berkualitas Tinggi yang telah saya rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman saya sendiri, berikut ulasannya :

1. Cium Baunya Terlebih Dahulu

Bila sudah tercium aroma yang harum dari buah durian, maka sudah dipastikan jika daging buah durian tersebut manis. Sebelum kamu membeli durian, cium terlebih dahulu aroma durian tersebut. Aroma durian yang matang dan manis pasti akan tercium walaupun kulitnya masih tertutup rapat. Jadi pastikan aromanya harum sebelum membelinya, karena pasti daging buah durian tersebut rasanya manis. Cara ini merupakam cara yang paling umum dilakukan oleh para pembeli.

2. Jangan Terpaku Pada Warna Kulitnya

Perlu kamu ingat jika warna kulit durian tidak menjamin rasanya manis. Selama ini mungkin kamu sering memilih durian berdasarkan warna kulitnya. Kulit durian yang umum ditemui biasanya memiliki warna coklat, hijau, dan kuning. Jangan beranggapan bahwa warna kulit yang coklat berarti durian itu sudah matang dan rasanya manis. Jangan juga beranggapan bahwa durian yang memiliki kulit berwarna hijau berarti belum matang dan rasanya tidak manis. Sekali lagi, durian tidak seperti buah-buahan yang lain, kulit durian tidak menjamin isinya. Ada kok durian yang matang dan manis walaupun kulitnya hijau.

3. Perhatikan Durinya

Bila durian memiliki duricyang pendek, biasanya durian itu juga memiliki daging yang tebal dan manis. Mungkin jarang orang yang yang memperhatikan duri saat membeli durian. Perlu kamu ketahui bila durian memiliki duri yang pendek dan jarang biasanya juga mempunyai daging durian yang tebal dan juga manis. Begitu pula sebaliknya, bila kamu menemukan durian yang memiliki duri yang panjang dan banyak, biasanya dagingnya hanya sedikit dan juga kurang manis.

4. Ketuk-ketuk Durian Tersebut Dan Dengarkan Suaranya

Mintalah bantuan kepada si penjual untuk mengetuk-etuk buah durian tersebut, ingat gunakan pisau hahaha. Jika suara yang dihasilkan dari ketukan tersebur ‘plek-plek’ , maka itu artinya durian tersebut belum matang. Dan jika suaranya yang dihasilkan sudah berbunyi ‘bluk-bluk’ , maka itu artinya durian tersebut bisa dipastikan sudah matang dan rasanya pun manis.

5. Jangan Pernah Menerima Durian Yang Kulitnya Sudah Terbuka

Kulit durian yang terbuka bisa membuat durian tersebut menjadi hambar. Terkadang, durian yang dijual di pinggir jalan sudah ada yang terbuka kulitnya. Ya meskipun terbuka sedikit, saya menyarankan sebaiknya kamu jangan membeli durian tersebut. Kulit durian yang terbuka membuat daging durian terkena angin dan perlahan-lahan akan menghilangkan aroma harum dan rasa manis dari durian tersebut.

6. Jangan Lupa Perhatikan Tangkainya

Jika durian memiliki tangkai yang tebal dan pendek, maka bisa dipastikan bahwa daging yang ada di dalamnya banyak. Tangkai durian ternyata bisa menentukan besar kecilnya daging durian. Bila tangkainya besar dan pendek biasanya dagingnya cukup tebal. Begitu juga sebaliknya, bila tangkainya panjang dan kecil biasanya dagingnya sedikit. Tapi cara ini cukup sulit untuk dilakukan karena kebanyakan pedagang biasanya sudah memotong tangkainya.

7. Pilih Durian Yang Bulat Dan Hindari Durian Yang Lonjong

Tidak semua durian memiliki bentuk bulat, ada juga yang berbentuk lonjong. Biasanya durian yang memiliki bentuk bulat, daging yang ada didalamnya lebih banyak dibanding dengan durian yang memiliki bentuk lonjong. Kamu bisa percaya dengan cara yang satu ini, karena menurut pedagang buah, buah durian yang memiliki bentuk bulat lebih banyak daging buahnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara memilih buah durian yang buahnya banyak dan juga manis. Semoga Artikel ini bisa membantu kamu.