Cara Membuat Badan Berotot Untuk Orang Kurus


Sebagian besar pria memang sangat mengidamkan memiliki tubuh yang kekar berotot. Untuk mewujudkan impian itu, kamu tidak hanya harus menjaga pola makanmu yang sehat dan teratur, kamu juga perlu berolahaga yang rutin agar mendapatkan bentuk tubuh yang lebih atletis.

Dan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang cara membuat badan berotot untuk pria yang memiliki tubuh kurus, berikut penjelasannya:

1. PUSH UP


Gerakan yang satu ini menjadi salah satu latihan sangat efektif dan yang paling banyak dilakukan yang dapat Kamu lakukan di rumah untuk membentuk dan memperkuat otot dada, lengan dan bahu.
Pertama kamu mulai dengan posisi tengkurap di lantai dan tangan sedikit terbuka lebih lebar. Pastikan tanganmu tetap sejajar lurus dengan bahu. Kemudian, angkat tubuh Kamu menggunakan lengan dan biarkan berat badan yang Kamu miliki ditopang oleh tangan dan juga pangkal jari kaki.
Tahan perutmu sekencang mungkin dalam beberapa detik, tubuh Kamu harus membentuk garis lurus dari bahu sampai dengan pergelangan kaki. Setelah itu, turunkan tubuhmu sampai dada hingga hampir menyentuh lantai, pastikan siku Kamu terselip dekat dengan batang tubuhmu. Lakukan push up ini secara berulang sebanyak kurang lebih 5 set, dimana 1 set terdiri dari 10 hingga 20 kali push up. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bias meningkatkan intensitas dan juga memodifikasi gerakan push up setiap minggu sesuai dengan kemampuan yang Kamu miliki.

2. DEADLIFT


Deadlift merupakan latihan kekuatan yang menyangkut otot punggung, otot pinggul, dan juga kaki. Latihan ini adalah 1 dari sekian banyaknya latihan yang menargetkan otot tubuh pada bagian atas dan bawah. Tapi perlu kamu catat, kamu harus melakukan deadlift dengan posisi yang baik agar mengurangi risiko cedera, terutama cedera punggung.
Kunci dari gerakan ini adalah menjaga punggung agar tetap lurus. Untuk Kamu yang punya badan kurus, sebiknya kamu memilih beban yang paling ringan dulu. Seiring berjalannya waktu, Kamu bisa menambah beban yang lebih berat lagi. Berikut ini adalah cara melakukan deadlift:
  • Buka kakimu selebar pinggul dan berdirilah dengan posisi bahumu berada di depan alat.   
  • Lenganmu harus lurus ke bawah dan berada di luar lutut.   
  • Lalu, tekuk lututmu sampai tulang kering menyentuh palang beban.   
  • Kemudian angkat beban dengan mendorong tumitmu dari lantai dan posisi badan tidak terlalu  condong ke depan atau ke belakang.   
  • Kamu harus menjaga beban tetap dekat dengan tubuh, angkat hingga ke atas paha.   
  • Setelah itu, dorong pinggul ke belakang, Lalu tekuk lututmu ketika beban mencapai ketinggian lutut. Dan yang terakhir jatuhkan beban ke lantai

Jika ini adalah pertama kalinya Kamu, sebaiknya lakukan deadlift dengan pengawasan pelatih atau orang yang lebih berpengalaman untuk menghindari cidera yang tidak diinginkan.

3. BENCH PRESS


Bench press merupakan latihan yang sangat bagus untuk siapapun yang ingin membentuk otot dan kekuatan tubuh pada bagian atas, termasuk bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Latihan ini juga dikenal sebagai latihan gabungan, karena melibatkan banyak persendian dan juga kelompok otot utama, seperti punggung, dada, dan lengan.
Gerakan ini juga melibatkan beberapa otot kaki untuk menjaga tubuh Kamu terkendali selama melakukan gerakan. Perlu kamu catat, latihan ini sebaiknya dilakukan dengan didampingi pelatih atau orang yang lebih berpengalaman untuk menghindari cidera yang tidak diinginkan.

4. SQUATS


Squat melatih dan membentuk hampir setiap otot yang kamu miliki. Jadi, kamu jangan melupakan rutinitas squat bila Kamu ingin memiliki tubuh yang berotot. Cara melakukan squats yaitu, pastikan posisi awal tubuhmu berdiri dan kaki dibuka lebar. Lalu, arahkan tanganmu lurus ke depan, turun secara perlahan seperti posisi jongkok setengah berdiri. Lakukan grakan ini untuk 4 set, dimana 1 set terdiri dari 8 kali repetisi selama 45 menit tiga kali seminggu.

Memang butuh waktu untuk membentuk tubuh menjadi atletis. Yang perlu kamu pertahankan yaitu konsistensimu dalam melakukan latihan, karena membentuk tubuh menjadi atletis tidaklah instan. Paling tidak kamu membutuh waktu kurang lebih dua bulan agar tubuh kurus bisa berubah menjadi atletis seperti hasil yang kamu idam-idamkan.